Peremajaan Sawit Rakyat, Disnakbun Banjar Gandeng BRI

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
BUKA REKENING - Sejumlah petani penerima bantuan PSR antusias membuka rekening kelompok saat sosialisasi Program PSR di Kecamatan Cintapuri Darussalam.

KLIKKALIMANTAN.COM – Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar menggelar sosialisasi Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Karya Makmur dan Desa Makmur Karya, Kecamatan Cintapuri Darussalam, Rabu (17/7/2019).

Dihadir petani penerima bantuan PSR, sosialisasi juga melibatkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Martapura. “Program PSR menjadi pondasi baru pembangunan perkebunan kelapa sawit rakyat. Program PSR tidak semata-mata menggantikan tanaman tua dengan tanaman baru, tapi juga dapat meningkatkan produktivitas tanaman sawit rakyat,” kata H Edie Roosnandi Noor, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya dan Penyuluhan pada Disnakbun Kabupaten Banjar.

Menurutnya, melalui penyuluh dan mantri tani di lapangan sebagai perpanjangan tangan dinas, memberikan pengawalan dan pembinaan secara langsung mendesain tanaman sawit rakyat. Karena jika tidak benar-benar dibenahi, tanaman sawit perkebunan rakyat akan terus menjadi masalah beberapa tahun mendatang.

“Ini dilakukan agar sawit rakyat naik kelas dan lebih berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat,” imbuhnya.

Dikatakan Nandi pula, permintaan akan produk kelapa sawit sekarang masih tinggi. Akan tetapi harus dibenahi agar tidak ada celah untuk memojokan produk kelapa sawit.

Rolibi Zamroni Kabid Perkebunan menambahkan, PSR diharapkan jangan hanya berpikir mengganti tanamannya saja, tanpa membenahi atau menata perkebunannya. “Sektor perkebunan merupakan salah satu sektor yang banyak menyerap tenaga kerja,” katanya.

Mengisi kegiatan sosialisasi, dilaksanakan pula pembukaan rekening baru bagi anggota kelompok penerima bantuan yang nantinya akan dikelola sebagai syarat penerima bantuan dana PSR. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Penyaluran Dana Stimulan Perbaikan Rumah Pasca Banjir 2021 di Kabupaten Banjar Sudah 45 Persen

Berita Terbaru

Scroll to Top