Terdampak Banjir, Ruas Jalan Kabupaten di Desa Sungai Langsat Longsor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Akibat terdampak bencana banjir, kondisi ruas kabupaten Simpang Empat Sungai Langsat yang berada di tepian sungai aliran Riam Kiwa, RT01, Desa Sungai Langsat, Kecamatan Simpang Empat mengalami longsor pada, 27 Februari 2023 lalu.

Fahrian Rahman selaku Camat Simpang Empat mengatakan, peristiwa ambruknya ruas badan jalan yang berada di tepian Sungai Langsat tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 Wita.

“Atas insiden tersebut, satu unit rumah yang dihuni satu Kepala Keluarga (KK) dengan tiga jiwa terdampak. Karena, bangunan bagian dapur rumah milik Muhammad Budiman yang berada di bantaran sungai ikut ambruk terbawa longsor. Tapi, peristiwa ini sudah kami laporkan ke pada BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banjar,”ujarnya pada, Kamis (9/3/2023).

Selain dapur rumah warga, bencana longsor tepian ruas jalan tersebut juga menyebabkan guard rail atau pagar pengaman jalan kurang lebih sepanjang 4 meter ikut ambruk dan terperosok ke bantaran Sungai Langsat.

“Perihal ini juga sudah kita sampaikan ke Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) yang tergabung dalam Tim Pemulihan Pasca Bencana untuk mengkoordinasikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Mudah-mudahan dapat ditindak lanjuti guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk longsor susulan. Karena, selain berada di kelokan jalan, kondisi jalan juga gelap saat malam hari tanpa Penerangan Jalan Lingkungan (PJL),” ucapnya.

Menanggapi perihal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, yakni Jimmy, memastikan akan segera meninjau lokasi kejadian untuk ditindaklanjuti.

“Untuk eksekusinya, tentunya masih belum dapat kita lakukan. Namun, kami akan segera melakukan survei, dan memberikan garis pengamanan, dan plang peringatan agar penggunaan jalan di Desa Sungai Langsat dapat lebih berhati-hati saat melintas tepian ruas jalan kabupaten Simpang Empat Sungai Langsat yang mengalami longsor pasca terdampak bencana banjir,” katanya.

BACA JUGA :
IODI Ikuti Kejurnas Dance dari Rumah

Selain itu, lanjut Jimmy, Dinas PUPRP juga akan melakukan inventarisasi data infrastruktur yang rusak akibat terdampak bencana banjir di wilayah Kabupaten Banjar, termasuk di Desa Sungai Langsat, Kecamatan Simpang Empat.

“Agar pemanfaatannya sesuai, PUPRP tentunya terlebih dulu akan melakukan penyelidikan kontur tanah ruas jalan di Desa Sungai Langsat yang longsor, sehingga mendapatkan perkuatan badan jalan dengan Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP), serta akan mendapatkan data in bearing guna menentukan panjang penanganan,” bebernya.

Tentunya, tambah Jimmy lebih jauh, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak PLN. “Karena di lokasi kejadian ada tiang listrik milik PLN. Kami juga mengimbau agar warga yang melintas di ruas jalan tersebut lebih berhati-hati guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.(Zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top