PKK Latih Kelompok Dasawisma Untuk Tingkatkan SDM

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

KLIKKALIMANTAN – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani membuka kegiatan Pelatihan Pengisian Administrasi untuk beberapa Kelompok Dasawisma  yang ada di Kota Banjarbaru. Kegiatan tersebut  dilaksanakan di Aula Gawi Sabarataan Pemerintah Kota Banjarbaru.

Kelompok  yang mendapatkan pelatihan tersebut adalah kelompok Dasawisma Kecamatan Banjarbaru Utara, Dasawisma Kecamatan Banjarbaru Selatan dan Dasawisma Kecamatan Cempaka.

Tampak Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya dan Sekretaris PKK Kota Banjarbaru Dra Sri Lailana, Ketua TP PKK Kelurahan se Kecamatan Banjarbaru Utara, Ketua TP PKK Kelurahan se Kecamatan Banjarbaru Selatan dan Ketua TP PKK Kelurahan se Kecamatan Cempaka serta pengurus dasawisma.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan Pelatihan Pengisian Administrasi Bagi Kelompok Dasawisma ini akan memberi pencerahan, sekaligus menambah motivasi untuk lebih giat lagi meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di Banjarbaru.

“Pembangunan dari sumber daya manusia ini hendaklah dimulai dari unit yang terkecil, yaitu keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil di dalam masyarakat ini, perlu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan dalam memenuhi kebutuhan materi, spiritual dan kebutuhan sosial, melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga secara baik dan optimal,” ujarnya.

Lanjutnya, lembaga dan kegiatan PKK memang menempel pada institusi pemerintah. Namun peranan PKK tidak dapat dikesampingkan dalam mewujudkan pembangunan menuju keluarga. Dari rumah tanggalah dimulai semuanya. Mulai dari pendidikan, pelatihan keterampilan, sampai kepada pembinaan mental dan spiritual untuk anak-anak.

Adapun tujuan dasawisma ini adalah untuk membina kerukunan warga, mempererat persatuan dan kesatuan, membiasakan diri untuk saling peduli, merubah pola pikir warga dari pasif menjadi aktif, dan memberdayakan masyarakat untuk mendukung setiap program pemerintah.

BACA JUGA :
Komisi I DPRD Banjarbaru Mediasi FPPASN dan BKPP

Sedangkan fungsi dan manfaatnya adalah untuk mempermudah pendataan, untuk mempermudah pemantauan, dan untuk membudayakan komunikasi antara pemerintah dengan warga dan sebaliknya. Apabila dasawisma ini berjalan baik, maka tentu akan mudah menuju masyarakat yang sehat, maju, mandiri dan sejahtera.

Hj Ririen Nadjmi Adhani meski tidak sulit mengisi data administrasi bagi kelompok dasawisma ini, tapi kalau tidak dilakukan secara benar akan sulit. (rul)