Paman Birin Terus Mendorong Industri di Kalsel

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MEMEGANG-Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI, Reni Yanita, Inspektur Jendelal Kementerian Perindustrian RI, Muhammad Rum, dan Kadis Perindustrian Provinsi Kalsel, Mahyuni saat memegang bersama kerajinan tangan karya pengrajin di Kalsel.(prokopim/klik) 

klikkalimantan.com – BANJARMASIN-Kementerian Perindustrian RI menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penyusunan Program Penumbuhan dan Pengembangan IKM tahun 2024 di Banjarmasin, Senin 22 Mei 2023.

Untuk acara dibuka oleh Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita yang menyampaikan arahannya secara virtual dari Jakarta. Saat acara, dihadiri Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Guburnur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menyebutkan, Pemerintah Provinsi Kalsel terus mendorong terwujudnya pengembangan sektor industri di daerah. Upaya hilirisasi industri, terutama agro industri telah menjadi fokus dalam rencana pembangunan di Kalsel.

Oleh karena itu, tambah Roy, Rakornas ini dinilai sangat penting dalam memperkuat dan memperjelas sinergi dan peran pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan kinerja pembangunan sektor industri, terutama Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA).

Selain itu, harap Roy, Rakornas juga dapat memperjelas penyusunan program pertumbuhan dan pengembangan kegiatan pembangunan IKM secara sistematis, komprehensif, solutif, dan futuristik sebagaimana amanat UU No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

“Kita memerlukan struktur industri yang kuat dan saling terkait untuk membentuk
jaringan yang kokoh dan mantap. Dengan struktur industri yang kokoh, dapat diwujudkan melalui perencanaan yang matang dan
diimplementasikan secara konsisten,” ujar Roy.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI, Reni Yanita memaparkan, rencana kerja IKMA 2024 sampai peningkatan populasi IKM melalui peningkatan daya saing dan arah kebijakan tugas pembantuan tahun 2024. Selanjutnya, paparan disampaikan Inspektur Jendelal Kementerian Perindustrian RI, Muhammad Rum, yang membahas seputar pembelanjaan anggaran yang baik melalui monitoring dan evaluasi secara berkala.(pr/klik)

BACA JUGA :
Rapat Pleno SMSI, Jangan Mengganggu Pancasila

Berita Terbaru

Scroll to Top