Berobat ke Puskesmas Tak Lagi Antre dengan ‘Si Palui’

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Dalam rangka mempermudah dan percepat memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, UPT Puskemas Martapura I, Tanjung Rema, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar melaunching Sistem Informasi Puskesmas Akurat Langsung Universal dan Integrasi (Si Palui).

Usai melaunching Si Palui, Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, dengan diterapkannya inovasi Si Palaui di UPT Puskesmas Martapura I diharapkan dapat menciptakan pelayanan kesehatan yang efektif, efesien, dan menyeluruh.

“Mudah-mudahan aplikasi ini dapat terus dikembangkan dan dievaluasi secara berkelanjutan. Serta dapat menjadi pilot project dan menjadi percontohan bagi puskemas di wilayah Kabupaten Banjar,” ujarnya pada Senin (29/7/2019).

Mendampingi Bupati Banjar yang kerab disapa Guru Khalil, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar mengungkapkan, Aplikasi Si Palui merupakan karya anak bangsa dari Puskemas Martapura I.

“Tentunya Aplikasi ini dapat mempermudah dan mempersingkat layanan kepada masyarakat, karena hanya melalui hand phone androit masyarakat sudah dapat mendaftar untuk berobat dan tinggal menunggu antrean,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Puskemas Martapura I, dr Hj Siti Nurma Megawati menambahkan, dengan dilauching Aplikasi Si Palui tersebut penumpukan pasien yang mengantre di UPT Puskemas Martapura I dapat dicegah.

“Aplikasi Si Palaui ini merupakan pengembangan dari sistem manjemen antrean yang lama karena pasien yang datang berobat ke UPT Puskemas Martapura I dalam seharinya bisa mencapai 150 orang lebih pasien,” akunya.

Untuk itu, papar Nurma lebih jauh, sebagai solusinya, pihak UPT Puskemas Martapura I meluncurkan Aplikasi Si Palui tersebut.

“Aplikasi ini pun sudah kami uji coba sejak Juli 2019 lalu, dan saat ini hampir ribuan masyarakat sudah terdata pada Aplikasi Si Palui ini,” tutupnya.(adv/klik)

BACA JUGA :
DPRD Banjar Evaluasi Aset Daerah di Atas Lahan Pinjam Pakai

Berita Terbaru

Scroll to Top