2,5 Hektare Lahan di Desa Tampang Balangan Terbakar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PADAMKAN API-Tiga orang anggota TRC BPBD Balangan sedang memadamkan api akibat kebakaran lahan di Desa Tampang, Lampihong, Balangan.(dok/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Sebanyak 2,5 hektare lahan gambut milik warga di Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), terbakar di bulan Agustus 2023 ini.

“Kita perkirakan lahan milik warga Desa Tampang yang terbakar kurang lebih 2,5 hektare,” ujar Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Balangan, Kudratullah di Paringin, Sabtu (12/8/2023).

Diterangkan Kudratullah, lahan milik masyarakat yang terbakar tersebut sekarang ini memang sudah padam sekitar 99 persen. Namun, lahan itu adalah lahan gambut, yang di bawahnya masih basah, sehingga tidak menutupkemungkinan di bawahnya masih ada percikan api yang dapat menyala.

“Untuk pemadaman kami melakukannya dengan mesin alkon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, dengan panjang selang mencapai 140 meter. Selain itu, kami memadamkannya juga dibantu oleh warga sekitar, TNI/Polri, dan TRC Kecamatan Lampihong,” kata Kudratullah.

Kapolsek Lampihong, Iptu Eko Budi Mulyono menambahkan, pihaknya nanti akan memanggil pemilik lahan untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Hal itu dilakukan agar jelas musubab terjadinya kebakaran lahan itu, apalagi di daerah itu berdasarkan pengalaman sebelumnya merupakan lahan gambut, yang mudah terbakar, makanya sudah tiga tahun ini tidak pernah terbakar lagi.

“Makanya ibarat bahan bakar itu, kemungkinan terbakarnya sangat mudah dan besar sekali,” ucap Eko seraya menambahkan saat ini anggotanya memang masih berada di lapangan untuk memastikan api tidak kembali menyala lagi.

Sebelumnya, lanjut Eko, pihaknya memang sudah mengantisipasi bersama dengan warga setempat dua bulan yang lalu karena mengkhawatirkan lahan areal tersebut sangat mudah terbakar. Tapi, meski begitu, pihaknya tetap bersyukur karena pada bagian bawah lahannya masih berair dan lumayan aman.(pr/klik)

BACA JUGA :
PUPR Segera Bangun Jembatan Darurat Penghubung Desa Takuti dan Sungai Jati

Berita Terbaru

Scroll to Top