Pelaku IKM Dilatih Bikin Kemasan Olahan Pangan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Lomba Kemasan Olahan Pangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Senin (12/8/2019).

Kepala Disperindag Banjar I Gusti Made Suryawati mengatakan, kegiatan diikuti 13 pelaku IKM dari setiap kecamatan yakni, Kecamatan Martapura, Martapura Timur, Martapura Barat, Karang Intan, Aranio, Cintapuri, Mataraman, Astmabul, Sungai Tabuk, Kecamatan Gambut, Aluh-Aluh, Kertak Hanyar, Kecamatan Tatah Makmur.

“Kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan nilai jual suatu produk olahan, serta membantu pelaku IKM di Kabupaten Banjar untuk membuat produk kemasan yang lebih baik,” ujar Made.

Karena menurut Made, produk kemasan yang lebih baik, salah satu cara menarik lebih banyak konsumen. Mendukung itu, Disperindag Banjar pun sudah membangun Rumah Kemasan yang beralokasi di belakang Kantor Kecamatan Martapura menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018.

“Kalau ada keperluan, baik untuk membuat kemasan produk seperti mendesain dan lain sebagainya, kami harap pelaku IKM dapat berkoordinasi dengan Ketua Tim Penggerak PKK maupun camatanya,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua I TP PKK Hj Nur Gita Tyas menambahkan, dengan kemasan yang baik, produk olahan pangan dari pelaku IKM tentunya lebih mudah dipasarkan dan dikenal masyarakat.

“Saya berharap setiap produk IKM di Kabupaten Banjar itu ada mencamtukan tulisan ‘Martapura’ dengan begitu pruduk olahan IKM Banjar utamanya makanan khas daerah kita mudah dikenal dan tidak diklaim daerah lain sebagai produk olahannya,” imbaunya.

Kegiatan Bimtek & Lomba Kemasan Produk Olahan Pangan IKM tersebut secra resmi dibuka Ketua TP PKK Hj Raudhatul Wardiah didampingi Wakil Ketua I TP PKK Hj Nur Gita Tyas, Kepala Disperindag Banjar I Gusti Made Suryawati, Ketua Darma Wanita Persatuan Banjar, dan Pimpinan Bank Kalsel serta camat.(adv/zai/klik)

BACA JUGA :
100 Hari Kerja Aditya- Wartono, TKA Sulamul Ridwan Cempaka Selesai