Hendra Prasetyo, Petani Millenial dari Gunung Balai

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
PETANI MILLENIAL - Hendra Prasetyo, petani Millenial dari Gunung Balai, Desa Pingaran Ulu, Astambul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang mewakili Kabupaten Banjar ke Taiwan. (foto: to/klik)

klikkalimantan.com – Mendapat informasi dari sekolahan tempat ia menamatkan belajar ilmu bidang pertanian, SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) Banjarbaru, Hendra Prasetyo (20) bertekad mengikuti seleksi ‘Petani Millenial’ Kementerian Pertanian RI yang dilaksanakan 28 Januari – 1 Februari 2019.

Termasuk Hendra, seleksi Petani Milenial yang dilaksanakan di SMK PP Banjarbaru, Jalan Panglima Batur Barat, Banjarbaru ini diikuti 19 peserta. Tak hanya alumnus SMK PPN, seleksi juga diikuti peserta dari instansi pemerintah bidang terkait, Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Binuang, Kabupaten Tapin salah salah satunya.

“Enam peserta yang lulus, tiga merupakan alumnus SMK PPN Banjarbaru. Saya dari Kabupaten Banjar, dua alumnus lain dari Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut,” kata Hendra saat ditemui klikkalimantan.com di rumahnya di Gunung Balai, Desa Pingaran Ulu RT 9, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Selasa (14/8/2019).

Saat ini, Hendra dan tujuh peserta lulus seleksi, sedang bersiap berangkat ke Lembang, Bandung, Jawa Barat pada Kamis (16/8/2019). Di Lembang, mereka akan mengikuti pembekalan selama dua pekan. Usai pembekalan, para Petani Millenial akan mengikuti magang di Taiwan selama satu tahun.

Lulus seleksi dan dapat menimba ilmu bidang pertanian di negeri berjuluk Naga Kecil Asia, menurut Hendra sebuah kebanggaan lantaran tidak semua orang memiliki kesempatan serupa. “Tentunya sangat bangga, “ ucap alumnus SMK PPN 2017 jurusan Perkebunan ini.

Ia mengaku, satu tahun di Taiwan akan digunakan maksimal untuk belajar dan menambah ilmu pengetahunnya bidang pertanian. Sepulangnya nanti, ilmu yang didapat akan diterapkan, setidaknya di lingkungan desa tempat ia tinggal.

Dengan begitu ia berharap dapat berkontribusi baik pada pertanian dan petani meski di lingkup desa, lebih-lebih dapat berkontribusi untuk sektor pertanian di Kabupaten Banjar. “Mudah-mudah,” ujar Hendra sembari memanjat doa dan meminta restu keberangkatannya ke Lembang dan Taiwan lancar.

BACA JUGA :
Warga Mengeluh, Jalan Rusak Karena Truk Muatan Batu Bara?

Dikonfirmasi tentang itu, M Fachry, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar mengamini adanya seleksi Petani Millenial Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di SMK PPN Banjarbaru.

Peserta lulus seleksi yang salah satunya berasal dari Kabupaten Banjar, yakni Hendra Prasetyo, menurut Fachry sebuah pencapaian yang patut diapresiasi, tak terkecuali dari pihak pemerintah daerah. Terlebih lagi saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar sedang getol-getolnya menggenjot pertanian sebagai sektor unggulan.

“Hari ini juga akan saya sampaikan ke Pak Bupati. Karena yang bersangkutan, Hendra Prasetyo mewakili Kabupaten Banjar dan akan segera berangkat ke Lembang untuk mengikuti pembekalan,” kata Fachry. (to/klik)