Sampaikan 6 Tuntutan, Ratusan Warga Gelar Demo di Kantor Desa Awang Bangkal Timur

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Aksi demo di depan Kantor Desa Awang Bangkal Timur, Jalan Carikan RT01, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar pada, Senin (4/12/2023) sekitar pukul 10.00 Wita hampir berujng ricuh.

Hal tersebut dikarenakan, Pemerintah Desa (Pemdes) Awang Bangkal Timur tidak dapat menjelaskan secara rinci untuk menjawab sejumlah tuntutan yang diajukan ratusan warga saat menggelar aksi demo di depan Kantor Desa.

“Untuk hasil penjualan tanah sebesar Rp500 Juta. Total Rp40 Juta untuk aparat desa, Rp190 Juta untuk pembangunan Masjid, Rp131 Juta untuk kegiatan seni individual masyarakat, untuk pembangunan tempat air bersih Rp50 Juta, untuk operasional mobil ambulan dan lain sebagainya Rp20 Juta,” ujar Sekretaris Desa (Sekdes) Awang Bangkal Timur, M Ribhani dihadapan ratusan warga.

Ratusan warga yang merasa tak puas dengan penjelasan Sekdes tersebut langsung meneriaki aparat desa, dan menyerukan agar aparat penegak hukum (APH) yang berada di lokasi menangkap sejumlah aparat desa yang turut terlibat menyalahkan gunakan uang yang mestinya menjadi hak masyarakat banyak.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, APH pun bergegas mengamankan sejumlah aparat desa ke tempat yang lebih aman.

Sejumlah tuntutan yang diajukan Masyarakat Desa Awang Bangkal Timur; Pertama, meminta penjelasan dan bukti kuitansi terkait hasil penjualan tanah di Bukit Palawangan ke investor. Kedua, terkait uang Fee Desa Rp5.000 per Rit, Ketiga meminta kejelasan terkait uang debu. Keempat, terkait keterangan tanah kaplingan, dan Kelima meminta kejelasan terkait pelaksanaan BUMDes. Serta yang keenam, masyarakat Desa Awang Bangkal Timur menuntut agar aparat desa yang terlibat diberhentikan.(zai/klik)

BACA JUGA :
Jadi Sumber PAD, Insinerator Ditarget Rampung April 2021

Berita Terbaru

Scroll to Top