Baru Delapan, Pembahasan Sisa Raperda Terancam Tersendat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Rapat paripurna, Senin (26/8/2019) menjadi agenda pamungkas DPRD Kabupaten Banjar periode 2014 – 2019.

Tanpa kehadiran ketua, H Rusli, pun Bupati Banjar H Khalilurrahnan datang setelah rapat setengah jalan, rapat paripurna yang sudah dimulai pukul 10.00 Wita merampungkan empat agenda, satu di antaranya pengambilan keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Termasuk Raperda tentang APBD 2020, menurut Sekretaris DPRD, Ibrahim G Intan, baru 8 dari 19 raperda yang ditetapkan menjadi perda. “Masih 11 raperda yang harus diselesaikan hingga Desember 2019,” ujarnya usai ditemui klikkalimantan.com usai rapat paripurna.

Belum separuh dari total raperda yang sudah terdaftar dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun ini, sementara 2019 tersisa kwartal terakhir, bukan tidak mungkin akan berdampak pada tak tuntasnya tugas legislasi. Terlebih lagi, separuh dari 45 anggota dewan pungkas masa tugasnya, diganti anggota dewan baru yang pelantikannya dilaksanakan 4 September nanti.

Tentang itu, Ibrahim G Intan menampiknya. Menurutnya, kendati sebagian anggota dewan berganti, namun tak akan berdampak pada tersendatnya pembahasan 11 raperda yang belum tuntas. “Saya rasa akan selesai,” ujarnya.

Karena bagaimanapun anggota dewan memiliki kewajiban moral menyelesaikan produk legislasi daerah sebagai upaya bersama pemerintah daerah untuk menyejahterakan masyarakat di daerah.

Senada Ibrahim G Intan, Wakil Ketua DPRD, Saidan Fahmi melontar pernyataabn senada. Menurutnya, pergantian 25 dari 45 anggota dewan baru periode 2019 – 2024 tidak akan berdampak signifikan pada penuntasan sisa raperda tahun ini.

“Hanya soal penyesuaian dan ketersediaan waktu untuk menyelesaikan terbentuknya alat kelengkapan DPRD yang baru,” kata Saidan.

Karena menurut politisi Partai Demokrat ini, pergantian anggota dewan pada 2014 yang lalu juga demikian. Malah waktu itu dari total anggota DPRD yang terisi 30 orang wajah baru.

BACA JUGA :
Presiden Resmikan Pabrik Mobil Listrik Pertama, PLN Siap Dukung Infrastruktur dan Pasokan Listrik

“Kalau sekarang wajah baru hanya sekitar 25 orang,” kata Saidan yang masih akan dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Banjar periode lima tahun kedepan. (to/klik)
PARIPURNA – Penandatanganan berita acara rapat paripurna DPRD Kabupaten Banjar, Senin (26/8/2019) yang salah satu angendanya pengambilan keputusan Raperda tentang APBD 2020.

Berita Terbaru