Pelatihan Bikin Batu Bata di Sungai Tabuk

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
BATU BATA - Pemkab Banjar melalui Disperindag melaksanakan pelatihan membuat batu bata di Kecamatan Sungai Tabuk, 13 – 17 Agustus 2019.

klikkalimantan.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melaksanakan pelatihan Teknik Percampuran Batu Bata Expose dan Diversivikasi Produk di Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan selama lima hari, 13 – 17 Agustus 2019.

Pelatihan diikuti 20 peserta pelaku usaha pembuat bata dari sejumlah di desa di Kecamatan Sungai Tabuk. Praponco Widodo dan Deri Sundari dai Balai Besar Keramik Bandung, Jawa Barat didatangkan sebagai instruktur dan narasumber utama pada pelatihan.

Menurut Kepala Diserindag, I Gusti Made Suryawati, Kecamatan Sungai Tabuk terkenal sebagai sentra pengolahan batu bata berbahan baku tanah liat. Batu bata produksi Sungai Tabuk memiliki ciri khas pembeda batu bata produksi daerah lain, salah satunya ukuran yang lebih besar dan kuat karena berbahan tanah liat.

Atas dasar itu, kata Made Suryawati, Disperindag yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pembinaan pelau Industri Kecil Menegah (IKM), melaksanakan pelatihan.

Pengetahuan dan teknik, juga praktik langsung pembuatan bata yang diberikan selama pelatihan, lanjutnya, diharapkan meningkatkan keterampilan dan keahlian para pembuat bata di kecamatan setempat.

Ia berharap pula, teknik membuat batu bata yang didapat dapat diterapkan dan membuka peluang usaha baru pembuatan bata. Dengan begitu, akan berimbas baik pad aperekoniman masyarakat setempat. (to/klik)

BACA JUGA :
Sosialisasi KITE IKM, Bikin Pelaku Usaha Ngerti Ragulasi Impor Barang

Berita Terbaru

Scroll to Top