Teteskan Vitamin A, Hj Raudatul Jannah Berharap Daya Tahan Tubuh Anak Terhadap Penyakit Meningkat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
VITAMIN A-Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah saat meneteskan vitamin A kepada seorang anak di Desa Mahang Putat, Kecamatan Pandawan, Kabupaten HST.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, BARABAI-Kadis Kesehatan Provinsi Kalsel yang juga Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah meneteskan vitamin A berwarna biru dan vitamin A berwarna merah kepada perwakilan anak dengan usia di bawah 1 tahun dan di atas 1 tahun di Desa Mahang Putat, Kecamatan Pandawan, Kabupaten HST, Rabu (7/2).

“Pemberian vitamin A ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan daya tahan tubuh bagi anak terhadap penyakit dan infeksi,” ujar Bunda, sapaan Raudatul Jannah saat memberikan sambutan pada kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) itu.

Selain memberikan vitamin A, kata Bunda, agar daya tahan tubuh semakin kuat, anak-anak dan ibu hamil perlu juga mengkonsumsi berbagai jenis ikan. Apapun jenis dan ukuran ikannya, yang pasti semua ikan itu ada gizinya.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan pada anak, sampai Bunda, ada beberapa cara. Di antaranya bisa dibuatkan bubur dengan bahan ikan. Ini juga dapat menjadi makanan pendamping ASI.

“Jadi kita harus berupaya untuk membiasakan anak-anak, terutama Balita untuk gemar menkonsumsi ikan,” saran Bunda.

Apalagi, tambah Bunda, pentingnya kesadaran gizi bagi ibu hamil sebagai langkah pertama dalam pencegahan stunting. Sebab, pada 1000 hari pertama kehidupan, yaitu saat pertama ibu dinyatakan hamil, sampai anak tersebut berumur 5 tahun itu sangat rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

Senada, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, Rusdi Har­tono menyampiakan, Kabupaten HST merupakan daerah kedua setelah Kabupaten Batola dilaksanakannya Safari Gemarikan ini

Dituturkan Rusdi, safari gemar ikan yang dilakukan dengan bekerjasama TP-PKK Provinsi Kalsel ini dilakukan sebagai upaya agar masyarakat gemar mengon­sumsi ikan dengan gizi yang tinggi.

“Di safari gemar ikan ini kita membagikan paket olahan ikan kepada masyarakat. Selain itu, kita juga memberikan motivasi dan edukasi mengenai pentingnya makan ikan pencegahan angka stunting,” terang Rusdi.(pr/klik)

BACA JUGA :
Pipa 10 Inchi di Wilayah Cabang III Pecah, Distribusi Leding ke Sejumlah Wilayah Terganggu

Berita Terbaru

Scroll to Top