Paman Birin Mengimbau Masyarakat Tetap Tenang!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, BANJARBARU-Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, biasa disapa Paman Birin mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang pasca gempa tektonik pada pukul 09.22 Wita, yang melanda Sebagian di wilayah Kalsel, Selasa (13/2).

Sebelumnya, Selasa (13/2) sekitar pukul 09.22 Wita, beberapa wilayah di Kalsel dan Kalteng dilanda gempa tektonik dengan magnitudo 4,7 skala richter pada kordinat 3,19° LS ; 115,12° BT. Dari keterangan resmi BMKG, gempa berlokasi di darat pada jarak 19 Km arah timur laut Banjar pada kedalaman 10 Km, namun tidak berpotensi tsunami.

Paman Birin melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Raden Suria Fadliansyah mengatakan, Pemprov Kalsel bersama BPBD Kabupaten/Kota serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus melakukan koordinasi.

“Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan jangan panik karena saat ini kita terus melakukan koordinasi dan analisa digital terkait peristiwa alam berupa gempa ini,” ujar Raden melalui siaran pers di Banjarbaru, Selasa (13/2).

Menurut Raden, berdasarkan laporan BPBD Kalsel dan analisa BMKG, gempa yang terjadi masuk kategori dangkal, yakni di bawah 50 Km, yang getarannya terasa di wilayah Kabupaten Tapin, Batola, Banjar, dan Sebagian Banjarmasin dengan durasi sekitar tujuh detik.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Balikpapan, Rasmid melalui siaran pers juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan jangan terpengaruh isu-isu terkait gempa yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Meski begitu, masyarakat tetap harus mewaspadai dan menghindari apabila ada bangunan yang retak atau rusak pasca gempa tektonik ini,” kata Rasmid.

Masyarakat, harap Rasmid, diimbau untuk memastikan bangunan tempat tinggalnya cukup tahan dengan gempa dan tidak terdapat kerusakan akibat getarannya yang berpotensi membahayakan keselamatannya.(pr/klik)

BACA JUGA :
Penghargaan Ibu Negara, Diberikan Kepada 13 Perempuan, Diserahkan Paman Birin

Berita Terbaru

Scroll to Top