Tangani Ruas Jalan Martapura Lama di Desa Teluk Selong, PUPRP Gelontorkan Dana Rp3,5 Miliar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar pastikan pada April 2024 akan lakukan penanganan ruas Jalan Martapura Lama di RT01, Desa Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat yang amblas pada September 2023 lalu.

Jimmy selaku Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Banjar mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan tender pengadaan barang dan jasa.

“Karena ada penyesuaian harga satuan, kita terlebih dahulu melakukan review perencanaan harga satuan upah minimum provinsi untuk pekerjaan, dan penyesuaian harga satuan baja,” katanya pada, Senin (4/3/2024).

Berdasarkan hasil diskusi bersama tim perencanaan, lanjut Jimmy lebih jauh, pembahasan perencanaan diharapkan sudah final, sehingga tinggal berproses di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Banjar.

“Kalau sudah final, kemungkinan di April 2024 atau usai lebaran Idul Fitri 1445 Hijrah sudah dapat dilaksanakan pekerjaannya dengan pagu anggaran kurang lebih Rp3,5 Miliar,” ujarnya.

Sedangkan untuk metode penanganannya, beber Jimmy, yakni menggunakan box culvert yang berfungsi seperti jembatan, dan secara kekuatan juga dapat dipastikan.

“Pada badan jalan akan kita gali dengan panjang 60 meter, dan memancangkan mini pile berukuran 20 X 20 Cm dengan panjang 12 meter atau dua sambungan. Selanjutnya merangkai besi beton berbentuk box culvert, serta melakukan rekayasa kestabilan lereng jalan dengan panjang 60 meter lalu kita cor. Setelah umur beton mencukupi baru kita lakukan pengaspalan,” jelasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, akibat ruas Jalan Martapura Lama mengalami amblas kurang lebih sepanjang 60 meter, dan lebar 6 meter dengan kedalamannya bervariasi, yakni sekitar 30-40 Cm tak dipasang rambu-rambu atau garis batas aman. Satu unit mobil truk dengan Nomor Polisi (Nopol) B 9609 PCG dari indogrosir terbalik saat melakukan atret di tengah guyuran hujan pada 8 November 2023 lalu.

BACA JUGA :
DLH Banjar Kewalahan Angkut Sampah Tak Biasa Pasca Banjir

Beruntung, sopir dan dua kernetnya tak mengalami cedera atau luka-luka dalam insiden tersebut.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top