Masa Ujicoba, ETLE Polres Banjar Capture 4.000 Pelanggaran Lalu Lintas Saban Harinya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dilakukan ujicoba sejak 28 Desember 2023 lalu. Kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) chek point Polres Banjar capture sekitar 3.000 hingga 4.000 pelanggaran dalam berlalu lintas saban harinya. Senin (5/3/2024).

Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Taufik melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Banjar, AKP Risda Idfira mengatakan, jumlah total kendaraan bermotor yang melintas di traffic light perempatan ruas Jalan Sekumpul – Jalan Ahmad Yani Km.38,7 Kecamatan Martapura terdata sebanyak 30.000 unit saban harinya dengan total jumlah pelanggaran lalu lintas sebanyak 3.000 – 4.000 pelanggaran per harinya.

“Untuk ETLE mungkin minggu depan sudah mulai diterapkan, dan surat tilang sudah bisa di layangkan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas,” katanya.

Penerapan ETLE tersebut, lanjut AKP Risda Idfira berdasarkan hasil rapat Anev dan asistensi teknis penilaian bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri pada, 1 Maret 2024.

“Jadi ETLE kita barus selesai dilakukan pengecekan dan dinyatakan sesuai dengan spesifikasinya,” katanya.

Sedangkan mengenai masalah kendaraan bermotor yang masih belum balik nama, namun terkena ETLE dengan memanfaatkan sistem Closed-circuit Television (CCTV) sebagai pengawasnya.

AKP Risda Idfira menjelaskan persoalan tersebut sudah dapat diatasi dengan cara melakukan pengecekan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

“Saat mau bayar pajak nanti akan muncul pertanyaan apakah kendaraan bermotor tersebut masih milik anda. Kalau memang sudah pindah tangan dan belum balik nama, tinggal isi checklist, sehingga surat ETLE dilayangkan ke pemiliknya yang baru,” tuturnya.

Begitu juga untuk kendaraan bermotor dengan Nomor Polisi daerah lain yang terkana ETLE di Kabupaten Banjar, misal plat KT atau KH.

BACA JUGA :
Jalankan Program Kapolri, Polres Banjar Bangun 122 Unit Rumah PNPP

“Kita tinggal mengirimkan datang ke Korlantas, nanti mereka yang akan berkoordinasi ke Polda masing-masing daerah,” pungkasnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top