Awal Ramadan Berpotensi Berbeda, Kakankemenag Balangan: Tetap Jaga Ukhuwah dan Toleransi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Kakankemenag Balangan, H Saribuddin.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Balangan, H Saribuddin menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga ukhuwah dan toleransi, meski menghadapi potensi perbedaan pada awal menjalankan ibadah puasa Ramadan 1445 H Tahun 2024 ini.

Sebenarnya, kata Saribuddin, Kementerian Agama RI telah mengeluarkan surat edaran tentang penyelenggaraan ibadah puasa Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 H. Edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan.

“Umat Islam agar melaksanakan ibadah puasa Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H sesuai dengan syariat Islam dan menjunjung tinggi nilai toleransi,” ujar Saribuddin di Paringin, Kamis (7/3).

Dikabarkan Saribuddin, pemerintah akan menggelar sidang isbat awal Ramadan 1445 H pada tanggal 10 Maret 2024. Hasil sidang isbat tersebut akan memutuskan apakah umat islam menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun ini dimulai pada tanggal 11 Maret 2024 atau tanggal 12 Maret 2024.

“Potensi perbedaan awal puasa Ramadan seringkali menjadi topik sensitif di kalangan umat Islam. Namun, saya imbau kita tetap perlu menjaga persatuan dan kesatuan, dengan mengedepankan sikap toleransi di tengah perbedaan pendapat tentang awal bulan suci ini,” ucap Saribuddin.

Penegasan ini, tambah Saribuddin, diharapkan dapat memberikan arahan kepada masyarakat dalam menjalani ibadah puasa Ramadan dengan penuh ketenangan dan kebersamaan, tanpa terpengaruh oleh perbedaan pandangan yang mungkin akan selalu muncul saban tahunnya.

“Sementara menunggu hasil sidang isbat nanti, saya mengajak semua pihak untuk tetap menjaga silaturahmi dan keharmonisan antarumat beragama demi terciptanya suasana yang kondusif di tengah masyarakat Balangan,” pinta Saribuddin.(pr/klik)

BACA JUGA :
Dukung Program Penurunan Stunting, H Dondit Bekti: Akan Ditambah di 6 Posyandu Balita dan 3 Posyandu Lansia
Scroll to Top