Agamawan Hindu Balangan Menuntut Ilmu di India dan Nepal

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
FOTO BERSAMA-Bupati Balangan, H Abdul Hadi saat berfoto bersama 15 orang agamawan hindu di Aula Benteng Tundakan, Kecamatan Parsel, Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Demi meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang keagamaan, 15 agamawan hindu asal Kabupaten Balangan menuntut ilmu agama ke negara India dan Nepal.

Keberangkatan para agamawan hindu itu dilepas langsung oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi di Aula Benteng Tundakan, Kecamatan Parsel, Balangan, Senin (6/5). “Kebijakan program ini dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap para agamawan untuk mendalami pengetahuan ilmu agamanya,” kata Hadi, sapaan Abdul Hadi.

Dikatakan Hadi, dengan ilmu agama yang lebih dalam, maka kelak mereka diharapkan mampu membangun karakter umat dengan lebih baik lagi, sehingga menjadikan bangsa ini menjadi lebih maju dan bersatu.

Program ini, tambah Hadi, tak hanya dilakukan kepada penganut agama hindu, tetapi agama lainnya pun juga turut difasilitasi oleh pemerintah daerah dalam memperdalam ilmu agama ke luar negeri secara proporsional, sesuai persentase jumlah penganut agama tersebut di Kabupaten Balangan.

“Program ini rencananya akan kita lanjutkan setiap tahunnya, apalagi melihat semakin banyaknya agama di Balangan, sehingga kemajemukan itu sangat disambut dengan toleransi yang sangat tinggi,” tutur Hadi.

Seorang agamawan hindu Balangan, Mariana mengucapkan terimakasih kepada bupati atas program ini dalam meningkatkan SDM, khususnya bagi para agamawan di Kabupaten Balangan.

“Kami sangat bahagia karena selama berdirinya kabupaten ini baru kali ini ada diberangkatkan tirta yatra pendalaman tentang agama Hindu dan juga agama lainnya,” imbuh Mariana.

Setelah melakukan pendalaman ilmu agama, lanjut Mariana, ia mengharapkan umat hindu di Balangan dapat lebih terlayani dan bisa membimbing para generasi mudanya agar dapat bersaing dengan pemuda-pemudi hindu di daerah lainnya.(pr/klik)

BACA JUGA :
Banyak PR di Sektor Perikanan, Ini Target Kepala Dinas yang Baru Dilantik

Berita Terbaru

Scroll to Top