Pemkab Banjar – Kanwil Kemenkumham Kalsel Bikin Kesepakatan di Peringatan Hari Kesadaran Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82?

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menyelenggarakan apel dalam rangka peringatan Hari Kesadaran Nasional, Kamis (17/10/2024) di pelataran Kantor Bupati Banjar di Martapura. Apel dipimpin Pjs Bupati Banjar, Akhmad Fydyeen.

Usai apel, dilakukan penandatangan kesepahaman bersama Pemkab Banjar dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel tentang Pembentukan Hukum, Pelayanan Hukum, Pengembangan Budaya Hukum, Penghormatan Pemajuan dan Pemenuhan HAM, dan Pelayanan Pemasyarakatan. Penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan Bupati Pjs Bupati Akhmad Fydayen dan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Junaidi.

Kesepahaman Bersama memuat antara lain kegiatan pengkajian, penelitian dan pengembangan hukum di bidang hukum dan Hak Asasi Manusia, pembentukan rancangan Produk Hukum Daerah, mediasi dan konsultasi Produk Hukum Daerah, penyuluhan hukum, pembinaan dan pengembangan Jaringan

Dokumentasi dan Informasi Hukum, program bantuan hukum untuk masyarakat miskin, pembinaan dan pembentukan keluarga sadar hukum dan kelurahan sadar hukum, penyelenggaraan pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakan Hak Asasi Manusia, pelayanan kekayaan intelektual, pelayanan administrasi hukum umum, dan pendidikan, pelatihan kerja dan pelayanan kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan.

Dengan adanya kesepahaman bersama ini diharapkan akan menghasilkan outcome berupa peningkatan nilai Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah, Government Effectiveness (GE) dan Regulator Quality (RQ), juga dapat menghasilkan regulasi daerah yang berkualitas sehingga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan demi terciptanya situasi kondusif di masyarakat.

Dalam hal pemenuhan HAM pun, melalui kesepahaman bersama ini dipercaya dapat meningkatkan pelayanan administrasi hukum umum (AHU), sehingga segala pelayanan publik terhadap masyarakat dapat terlaksana dengan baik. (to/klik)

BACA JUGA :
Pemko Diminta Kaji Ulang Rencana Jembatan Gantung Sungai Andai–Cemara
Scroll to Top