Minion Legong Bawa PKK Mentaos Juara 1

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARARU – Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya, menghadiri Acara Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke 17 tahun 2019. Bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kampus II di Ambulung Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Kota Banjarbaru yang diwakili TP PKK Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara, berhasil meraih Juara I untuk menu Balita dengan nama Minion Legung (Lele Jagung) dan akan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat nasional.

Panitia pelaksana kegiatan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan Ir H Syaiful Azhari MP, menyampaikan dalam rangka mendorong pemerataan dan peningkatan konsumsi ikan di daerah melalui penyediaan variasi menu masakan berbahan baku ikan, maka Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan TP PKK Kalimantan Selatan mengadakan Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Wakil Ketua III TP PKK Prov Kalsel dalam sambutannya menyampaikan melalui lomba masak serba ikan dengan variasi menu dapat meningkatkan gizi pada keluarga kita terutama anak-anak. Dan ini sangat penting karena kita dapat mencegah stunting pada anak-anak.

Stunting adalah suatu kondisi ketika tubuh dan otak anak tidak mengalami perkembangan secara optimal. Keadaan ini menyebabkan tubuh anak lebih pendek dan kemampuan berpikir yang cenderung lebih lemah dari anak lain seusianya.

Pemenuhan gizi, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, menjadi upaya pertama dalam menghindari stunting. Pemenuhan gizi tersebut meliputi gizi selama kehamilan dan masa kanak-kanak hingga usia dua tahun. Kesehatan ibu hamil dan anak juga harus dijaga dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga mengurangi kekerapan terjadinya infeksi pada ibu hamil dan masa kanak-kanak.

BACA JUGA :
RKPD 2020 Disusun

Pemantauan tumbuh-kembang anak secara berkala juga perlu dilakukan, baik sejak dalam kandungan, setiap bulan setelah kelahiran hingga berusia dua tahun, kemudian 6–12 bulan setelah berusia dua tahun, agar dapat segera dideteksi bila terjadi keterlambatan pertumbuhan untuk diintervensi.

Pada kesempatan itu di serahkan hadiah Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke 17 tahun 2019. Untuk kategori Menu Keluarga: Juara 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Juara 2 Kabupaten Kotabaru, Juara 3 Kota Banjarmasin, Harapan 1 Kabupaten Batola, Juara Harapan 2 Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk kategori Menu Balita Menu Balita: Juara 1 Kota Banjarbaru minion legung (lele jagung), Juara 2 Kabupaten Banjar, Juara 3 Kabupaten Tabalong dan Harapan 1 Kabupaten Tanah Laut sedangkan Untuk kategori Menu Kudapan: Juara 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Juara 2 Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Juara 3 Kabupaten Tapin, Harapan 1 Kabupaten Balangan sedangkan untuk Juara Favorit Kabupaten Hulu Sungai Utara. (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top