Kedatangan Tim Verifikasi Kota Sehat, Sekda: Sudah Ada SK Penetapan Kawasan Sehat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalikantan.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM Hilman menerima kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional 2019, Kamis (12/9/2019) di Mahligai Sultan Adam Martapura.

Mewakili Bupati H Khalilurrahman, Hilman menyampaikan kepada tim verifikasi, Kabupaten Banjar merupakan Kabupaten terluas ketiga di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki 20 kecamatan, dengan jumlah penduduk sebanyak 571.573 jiwa, terdiri dari 281.070 jiwa penduduk perempuan.

“Dengan adanya program kabupaten/kota sehat ini, tentunya akan mewujudkan masyarakat hidup bersih, nyaman, aman dan sehat,” ucap Hilman.

Sebagai upaya mewujudkan kabupaten sehat, Pemkab Banjar telah menetapkan kawasan sehat berdasarkan SK Bupati Banjar Nomor 188.45/253/kum/2017.

“Dengan kehidupan semakin sehat dan berkualitas, sehingga menjadi masyarakat produktif dan dapat terwujud masyarakat Kabupaten Banjar sejahtera dan barokah,” katanya.

Tim Veeifikasi dari perwakilan Kementerian Kesehatan, Adhy Prasetyo Widodo mengatakan, dengan program penghapusan jamban yang menjadi program Kabupaten Banjar bersama masyarakat juga ikut membongkar dengan kesadaran bersama.

Tapi bukan hanya jambannya yang dibongkar, namun karakternya berubah karena perilaku itu sangat sulit diubah dan bersyukurnya masyarakat juga ikut serta mendukung program pemerintah daerah melakukan pembongkaran.

Melihat sumber air bersih di Bendung Intan itu bagus sekali dan kami perlu tahu sejauh mana pengelolaannya bagaimana mungkin nanti bisa kunjungan ke lapangan melihat sama-sama disana supaya kita bisa tahu bahwa masyarakat ini sanitasinya sudah bagus air bersih dan air minumnya bagus juga karena itu utama sekali bagi kesehatan.

“Kami juga mengapresiasi untuk metana tidak semuannya karena metana itu daya bahannya tidak sebesar elpiji tapi itu sudah bagus sekali gas metana yang dimanfaatkan itu tidak mencemari,” ungkapnya. (adv/klik)

BACA JUGA :
Kedatangan Pengurus LPM, Ketua DPRD: Mitra Legislatif

Berita Terbaru

Scroll to Top