300 PJU Tenaga Surya Diresmikan, 150 di Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Kabupaten Banjar, satu dari empat wilayah di Kalimantan Selatan yang mendapat bantuan fasilitas Penerangan Jalam Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Dari 300 unit PJU-TS yang dibangun, Kabupaten Banjar mendapat jatah terbanyak, 150 unit.

Mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman pada seremoni peresmian di Aula Kantor Kecamatan Martapura, di Jalan Sekumpul Ujung, Kamis (26/9/2019), Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, I Gusti Nyoman Yudiana, menyampaikan syukur dan ucapan terimakasihnya.

“Kami berharap program ini menebarkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Banjar,” ujar Nyoman saat membacakan sambutan Bupati Banjar.
Ia mengimbau kepada masyarakat agar menjaga dan merawat sebaik-baiknya PJU-TS yang telah dibangunkan pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan PJU-TS ini membawa kemaslahatan bagi masyarakat sehingga berdampak pada meningkatnya tarap hidup masyarakat, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Banjar,” harapnya.

Dikatakan Nyoman, Kabupaten Banjar merupakan salah satu kabupaten terluas ketiga di wilayah Pemprov Kalsel dengan luas daerahnya 4.668 Km persegi. Tentunya, dengan luas wilayah tersebut masih banyak didapati daerah-daerah terpencil yang masih mengalami krisis energi listrik.

“Kami pun masih berharap mendapat bantuan dari pemerintah pusat dikemudian harinya. Mudah-mudahan Kementerian SDM tetap memberikan dukungannya untuk membangun energi listrik di Kabulaten Banjar,” ucapnya.

Irgen Inspektur V Kementerian SDM, Kubus Alexander Timizela didampingi Komisi VII DPR RI, HM Darliansyah mengatakan, dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanjar Negara (APBN) 2019 pemerintah pusat melaksanakan program pembangunan 22.550 unit PJU-TS di 25 provinsi Indonesia, salah satunya di Pemprov Kalsel sebanyak 300 unit PJU-TS.

“150 unit PJU-TS di dua kecamatan Pemkab Banjar, 20 unit PJU-TS di dua kecamatan Pemkab Tapin, 65 unit PJU-TS di Pemkab Kota Baru, dan Hulu Sungai Selatan yang sudah terbangun berserta lampu LAD-nya,” tutupnya.(adv/zai/klik)

BACA JUGA :
DKUMPP Balangan Gelar Pasar Murah di Desa Tanah Habang Kiri, Warga Antusias

Berita Terbaru

Scroll to Top