Disperindag Dorong Perajin Sasirangan Ciptakan Motif Beragam

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SASIRANGAN - Pelatihan membuat kain sasirangan di Kecamatan Kertak Hanyar yang dimotori Disperindag Kabupaten Banjar pertengahan Agustus lalu.

klikkalimantan.com – Kain sasirangan menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Banjar. Sasirangan motif berlian, menjadi penanda khas sasirangan yang diproduksi di Kabupaten Banjar dengan daerah lain di Kalimantan Selatan.

Mendukung geliat industri kecil menegah (IKM) pengolahan kain sasirangan, I Gusti Made Suryawati, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar mengatakan, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan kain sasirangan di wilayah Kecamatan Kertak Hanya pada 19 – 23 Agustus 2019.

Diikuti sebanyak 20 peserta yang berasal dari sejumlah kelurahan di kecamatan tersebut, pelatihan membuat kain sasirangan bertujuan meningkatkan perekonomian warga melalui produksi kain sasirangan.

Tak sekadar pelatihan produksi, menurut Made Suryawati perajin sasirangan juga dibantu hingga pemasaran produk, baik offline maupun online. “Harapannya, Kecamatan Kertak Hanyar kian tersohor sebagai sentra perajin sasirangan, tak hanya di Kabupaten Banjar tapi juga di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Melalui pelatihan yang digelar pula, kata Made, varian kain sasirangan yang dihasilkan semakin beragam karena munculnya kreatifitas para perajin yang didapat saat pelatihan. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Pameran Pendidikan di Peringatan Hardiknas 2019

Berita Terbaru

Scroll to Top