Penangkap Lemak Pasar Kuliner Barokah Tahap Dua Dipasang Tahun Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com – Tahap dua pembangunan Pasar Kuliner Barokah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan rampung di 2019 lalu. Sebanyak 46 kios terbangun dengan anggaran Rp2,1 Miliar.

Melengkapi 46 kios kuliner yang sudah terbangun dan siap digunakan pedagang, Dinas Perindustriaan dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar merencanakan akan melakukan pemasangan filter penangkap lepak pada saluran pembuangan limbah makanan.

Jimmy, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Banjar mengatakan, pemasangan filter penangkap lemak penting ada sebagai penyaring lemak dan sisa makanan agar tak menyumbat saluran pembuangan air hingga penampungan akhir di biofil.

“Tahun 2019, filter penangkap lemak dipasang namun di bangunan pasar kuliner tahap satu sebanyak 18 buah. Sedangkan untuk bangunan pasar tahap dua, belum dilengkapi filter karena keterbatasan anggaran,” kata Jimmy ditemui klikkalimantan.com belum lama tadi.

Karenanya, tahun ini telah dianggarkan untuk pemasangan filter penangkap lemak sejumlah kios kuliner di bangunan pasar kuliner tahap dua, 46 buah filter.

Kendati belum dilengkapi filter penangkap lemak, namun menurut Jimmy, Pasar Kuliner Barokah tahap dua siap digunakan pedagang. “Saat ini pun bangunan pasar bisa digunakan pedagang yang diakomodir PD Pasar Bauntung Batuah sebagai yang berwenang mengeloka pasar,” kata Jimmy.

Namun Jimmy berpesan, pedagang tidak diperbolehkan mengotak-atik rupa bangunan kios selama enam bulan kedeoan. “Karena masih tahap perawatan, bangunan pasar masih menjadi tanggungan pihak pengerja proyek,” kata Jimmy. (klik)

BACA JUGA :
IMB Dihapuskan, LSM Desak Pemerintah Terbitkan Diskresi PBG