2,5 Juta Jamaah Diperkirakan Hadir pada Haul ke-15 Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
HAUL - Tahun ke tahun, jumlah jamaah yang hadir pada peringatan Haul Guru Sekumpul bertambah. pada haun ke-15 tahun ini, jamaah yang hadir diperkirakan mencapai 2,5 juta jamaah. (foto: dok/klik)

klikkalimantan.com – Jumlah jamaah haul Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, umat muslim Kalimantan Selatan lebih kerab menyebutnya Abah Guru Sekumpul, terus bertambah saban tahunnya. Begitu pun di peringatan haul ke-15 yang akan dilaksanakan 1 Maret 2020.

Dibahas dalam rapat koordinasi persiapan haul yang dihadiri sejumlah intitusi terkait lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, Kamis (30/1/2020), haul ke-14 tahun lalu dihadiri sekitar 2 juta jamaah.

Tahun ini, jumlah jamaah yang datang ke Sekumpul diperkirakan bertambah, sebanyak 2,5 juta orang. Begitupula dengan perkiraan jumlah timbunan sampah pasca haul. “Dari hasil evaluasi haul tahun sebelumnya, jumlah timbunan sampah pasca haul diperkirakan 500 ton. Dan pada haul tahun ini, jumlah timbunan sampah diperkirakan bertambah sekitar 750 – 850 ton,” kata Achmad Norsailah, Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan sampah Pertamanan dan Limbah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar.

Untuk penanganannya, kata Achmad Norsailah, selain bersiap dengan ribuan petugas dan relawan kebersihan lengkap dengan armada, juga dilakukan sejumlah upaya mengurangi timbunan sampah. Di antaranya; jamaah diimbauan membawa tumbler atau botol minum untuk pengurangan timbunan sampah botol dan gelas plastik, kemasan makanan disarankan menggunakan bahan mudaj hancur, semisal daun atau kertas. “Sangat tidak disarankan menggunakan kemasan styrofoam,” ujarnya. (zai/klik)

BACA JUGA :
Jelang Haul Dishub Siapkan Rekayasa Jalur Lalin

Berita Terbaru

Scroll to Top