Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Targetkan Konsumsi Ikan Meningkat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Menjadi perpanjangan tangan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam upayanya meningkatkan angka konsumsi memakan ikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Perikanan Kabupaten Banjar tengah getol-getolnya menyemarakkan program Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemar Ikan).

Menurut Riza Dauly, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, wilayah Kabupaten Banjar memiliki hasil kekayaan alam yang sangat melimpah, salah satunya kekayaan hasil laut dan sungai yang menghasilkan berbagai macam jenis ikan yang sudah semestinya disyukuri masyarakat.

“Untuk itu, sumber daya alam berupa ikan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan cara menjalankan program Gemar Ikan,” ujar Riza saat mengkampanyekan Gemar Ikan di TK Pertiwi, Jalan Pangeran Hidayatullah, Kecamatan Martapura pada, Senin (16/3)2020).

Tak hanya itu, di gelaran Gemar Ikan yang dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj. Raudhatul Wardiyah tersebut, Riza pun menambahkan, dengan gemar memakan ikan, tentunya dapat melahirkan generasi masyarakat Kabupaten Banjar yang kian cerdas, kuat, dan sehat.

“Protein pada ikan itukan mengandung omega 3 yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, karena dapat meningkatkan kecerdasan, serta dapat menekan angka stunting pada pertumbuhan anak,” ucapnya.

Guna meningkatkan angka konsumsi ikan lebih ideal, papar Riza lebih jauh, Dinas Perikanan Kabupaten Banjar pun menargetkan di 2020 kali ini, angka konsumsi ikan mencapai hingga 52 Kilogram/Kapita saban tahunya.

“Target kita hingga 2024, angka konsumsi ikan diharapkan meningkat hingga 56 Kilogram/Kapita saban tahunya. Mengingat di 2019, angka konsumsi ikan sudah terealisasi 51 Kilogram/Kapita per-tahunya,” akunya.

Ditempat yang sama, Hj Raudhatul Wardiyah pun menambahkan, dengan program Gemar Ikan, masyarakat akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya; meringankan gejala radang sendi, menjaga stabilitas kolestrol, membantu perkembangan mata, dan otak, serta jaringan saraf.

BACA JUGA :
PLN Dukung Penuh Pembangunan IKN

“Apabila dari kecil sudah senang makan ikan maka nanti nya insyallah akan sehat, mudah-mudahan nantinya anak-anak kita menjadi anak yang sehat dan cerdas,” pungkasnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top