Bupati Pantau Pembangunan Jalan dan Jembatan di Empat Lokasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MENINJAU - Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi sejumlah kepala SOPD saat meninjau pembangunan jalan dan jembatan di Kecamatan Karang Intan, Rabu (5/9/2018). Foto: zai/klik

KLIKKALIMANTAN.COM – Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi sejumlah kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) meninjau langsung sejumlah proyek pembangunan jalan dan jembatan di Kecamatan Karang Intan, Rabu (5/9/2018).

Beberapa proyek pembangunan jalan dan jembatan yang disambangi langsung bupati di antaranya; Desa Sungai Alang, Pulau Nyiur, dan Desa Pasar Lama di Kecamatan Karang Intan dan Desa Bincau Muara di Kecamatan Martapura.

Meninjau ke lokasi proyek, menurut Guru Khalil, sapaan akrab bupati, untuk memantau dari dekat pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang memang menjadi satu dari tiga fokus pembangunan. “Kita lihat langsung yang sedng dikerjakan maupun yang sudah selesai. Alhamdulillah tidak ada masalah,” katanya.

Pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan menurut bupati, upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar mempermudah akses jalan antar desa dan kecamatan. Akses jalan yang semakin mudah pula, kian membuka peluang perekonomian warga desa.

“Diharapkan, pembangunan dan pemeliharaan jalan jembatan ini menjadi akses mudah bagi masyarakat  menuju kecamatan, seperti mengurus KTP, KK dan dokumen lainnya,” ujar Guru Khalil.

M Hilman, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar yang ikut mendampingi bupati mengatakan, empat lokasi pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan berdasarkan dari hasil pembahasan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Berdasarkan hasil musrenbang, jalan dan jembatan di empat lokasi ini memang harus segera diperbaiki dan direhabilitasi untuk kepentingan transportasi masyarakat,” kata Hilman.

Di empat lokasi proyek tersebut, kata Hilman, selain perbaikan badan jalan, juga diperbaiki empat jembatan penghubung antar desa yang dananya bersumber dari kantong APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler.

Saat penijauan, Jalan Melati  speanjang 4.329 meter pengubung Desa Tunggul Hirang – Bincau di Kecamatan Martapura lokasi pertama yang dikunjungi. Perbaikan jalan dengan pengaspalan ulang menyeluruh (overlay) ini dikerjakan PT Adhia Cipta Pribumi dengan anggaran Rp5,1 Miliar lebih.

BACA JUGA :
Wali Kota: Posyandu Berperan Krusial Tanggulangi Stunting

Berlanjut ke Desa Sungai Alang dengan panjang jalan yang diperbaiki 255 meter dan sebuah jembatan. PT Adhiwangoen Sadaya menjadi kontraktor penggarap dengan anggaran Rp3,3 Miliar lebih.

Pembangunan jalan dan jembatan di Desa Pulau Nyiur sepanjang 830 meter oleh CV Suferindo Abdi dengan anggaran Rp500 juta juga dilakukan. Pekerjaan lain milik CV Suferindo Abdi di Desa Pasar Lama dengan anggaran Rp1,3 Miliar dengan panjang jalan 1.311 meter juga dilakukan. (adv/zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top