Ratusan Titik Api, Terbanyak di Kecamatan Cintapuri, Ini Strategi BPBD Banjar Menanggulangi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Warsita, Kalak BPBD kabupaten Banjar

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), berikut dampaknya pada kesehatan dan pendidikan, menjadi atensi khusus Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat memimpin rapat koordinasi (rakor) mingguan lingkup Pemkab Banjar, Senin (21/8/2023) di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar di Martapura.

Pada saat yang sama, warsita, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita memaparkan, titik api di Kecamatan Martapura Barat sebanyak 35, Cintapuri Darussalam 33, Martapura Kota berdekatan dengan bandara 26, dan beberapa di Sungai Tabuk serta Astambul.

Sedangkan strategi diambil, kata Warsita, dengan patrol rutin dari posko gabungan berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk memadamkan titik api. Melakukan identifikasi lahan yang  berpotensi titik api dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” jelasnya

Strategi lain, lanjutnya, melakukan pembasahan pada lahan yang terbakar bekerjasama dengan BPBD Provinsi Kalsel, terutama pada daerah Cindai Alus yang berbatasan dengan Banjarbaru juga berkoordinasi dengan Dinas PUPRP dan Dinas Pertanian. ”Pembasahan dengan menggunakan pompa air juga pada daerah Kecamatan Sungai Tabuk dan Martapura Barat,” kata Warsita. (to/klik)

BACA JUGA :
153 Pasien Dirawat Karena Ispa, Dinkes Belum Kantongi Data Ispa Dampak Karhutla
Scroll to Top