Turunkan Angka Stunting, Disperindag Balangan Gelar Pasar Murah 49 Kali

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PASAR MURAH-Salah satu aktifitas pasar murah di salah satu desa di Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Balangan kembali menggelar pasar murah. Namun, kali ini lokasi jual beli sembilan bahan pokok dengan harga murah itu dilaksanakan di    halaman Mapolres Balangan di Kecamatan Parsel, Balangan, Selasa (25/6/24).

Kegiatan rutin ini dilakukan sekaligus dalam rangka penurunan angka stunting, supaya masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi, selain warga, rupanya pasar murah tersebut diserbu pelaku UMKM yang datang untuk membeli barang dengan jumlah banyak, tetapi dengan harga lebih murah.

Kabid Kemetrologian Stabilitas Harga Disperindag Balangan, Misrinawati mengatakan, dengan adanya pasar murah ini diharapkan dapat membantu warga untuk membeli kebutuhan pokok murah. Sedangkan terhadap pelaku UMKM, mudah-mudahan dapat menekan harga modal, sehingga mampu mengembangkan usaha mereka.

Pada pasar murah ini, kata Misrinawati,
pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian Balangan, Bulog, dan berbagai pihak lainnya untuk menyediakan barang yang hendak dijual. Untuk Dinas Pertanian misalnya, mereka menyediakan bawang merah dan bawang putih dengan selisih harga cukup banyak dibanding dengan pasar.

“Harga bawang lebih murah, makanya tak heran banyak warga yang membelinya dengan jumlah yang cukup banyak. Sedangkan beras bekerjasama dengan Bulog,” ujar Misrinawati.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Balangan, Herlina menambahkan, pada tahun 2024 ini operasi pasar murah digelar sebanyak 49 kali terhadap desa yang mengajukan, meski digelar disesuaikan dengan lokasi yang membutuhkan dukungan penurunan angka stunting di Kabupaten Balangan.(pr/klik)

 

BACA JUGA :
Bupati Lantik Ratusan Pejabat, Tiga Punya Tugas Tambahan Kepala Puskesmas
Scroll to Top