Cara Dinas PUPR Banjar Peringati Hari Bakti PU

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) 2018 di Kabupaten Banjar diisi dengan ‘Bakti Sosial Penghapusan Jamban Apung’ di Desa Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat, Senin (19/11/2018).

Penghapusan jamban apung, menurut M Hilman, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPRl) melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Galuh Tantri, sumbangsih kepada masyarakat, sekaligus mendukung visi misi Bupati Banjar KH Khalilurrahman dalam programnya penghapusan 1000 unit jamban apung di bantaran Sungai Martapura dan diganti wc individual.

“Kami sangat mengapresiasi kepada masyarakat Desa Telok Selong Ulu yang telah mendukung program penghapusan 1000 jamban apung ini. Dari 50 septic tank yang diserahkan Pemkab Banjar, sudah terbangun 90 unit jamban individual dengan menggunakan dana desa,” ujarnya.

Diungkapkan Tantri, pembokaran jamban apung bukan lantaran intervensi, namun kesadaran masyarakat sendiri yang menginginkan hidup sehat demi kesejahteraan bersama.

Syaifuddin, Kepala Desa Teluk Selong Ulu menambahkan, kegiatan tersebut merupakan sinergitas Pemkab Banjar dengan kecamatan dan pihak desa.

“Saya berharap, masyarakat tidak lagi menggunakan jamban untuk buang air besar di sungai, karena pemerintah sudah memberikan fasilitas berupa wc individual,” kata Syaifuddin.

Dipaparkan dia, Desa Telok Selong telah menganggarkan Rp300 juta untuk pembangunan 92 unit wc individual menggunakan dana desa. Dan yang sudah terbangun 100 unit ditambah termasuk.

Wc individual yang sudah terbangun, menggantikan 27 unit jamban apung yang sudah berhasil diangkat dari bantaran sungai. Masing-masing, 11 unit dibongkar swadaya dan 16 unit dibantu pemerintah daerah.

Selain membongkar jamban apung, peringatan Hari Bakti PU juga diisi aksi gotong royong membersihkan makam Syarifah Fatimah dan Sekolah PAUD di Telak Selong Ulu.(zai/klik)

BACA JUGA :
Warga Belum Vaksin Diimbau Pantau Jadwal di Medsos Puskesmas

Berita Terbaru

Scroll to Top