H Supiani Punya Andil Dalam Pemekaran Balangan

klikkalimantan.com, PARINGIN – Sosok H Supiani yang kini sebagai calon wakil Bupati mendampingi H Abdul Hadi (HAS) ternyata memiliki andil dan jasa dalam pembentukan Kabupaten Balangan.

H Supiani menceritakan, PPKB sudah bergerak sejak 1963. Namun beberapa kali kandas dalam perjuangan untuk memisahkan diri dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

PPKB didaulat sebagai bidang pemerintahan eksekutif yang di ketuai Sarifullah. Dalam struktur PPKB, H Supiani sebagai Penasehat, hingga akhirnya pada 2003, hal Kabupaten Balangan dapat berdiri.

Salah satu jasa besar H Supiani, kala beliau menjabat sebagai Camat Kota Paringin adalah berhasil memperjuangkan pembangunan bundaran Kota Paringin yang saat ini terlupakan. Pasalnya, bundaran tersebut dihilangkan, hingga kini belum ada bangunan fisik yang sepadan sebagai penggantinya.

Berbicara masalah perjuangan membangun bundaran, beliau mengatakan berbagai upaya dilakukan kala menjadi Camat seperti melakukan loby ke Pemerintah Daerah HSU, hingga loby dan pendekatan ke PT Adaro. Sampai alhirnya disetujui, dan dibangunlah bundaran tersebut yang sempat menjadi ikon Kota Paringin.

Tak dapat di pungkiri meski tidak dilahirkan di Balangan, beliau mengabdikan diri sepenuhnya untuk Kabupaten Balangan bahkan sebelum Kabupaten Balangan terbentuk kala masih di pangkuan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

H Supiani berdomisili di Balangan sejak tahun 1984 dan di daulat menjadi Camat Kota Paringin sendiri sejak tahun 2000 hingga tahun 2006, dengan kata lain 3 tahun sebelum Balangan berdiri dan 3 tahun setelah Balangan berdiri, tak ayal dirinya dapat di katakan seorang birokrat yang kenyang akan pengalaman.

H Supiani bercita-cita membawa Kabupaten Balangan menjadi Daerah yang maju dan dapat di sejajarkan dengan Kabupaten lain seperti mottonya Sanggup Manggawi Gasan Masyarakat (Sanggam).

“Jika kita tidak melakukan pembangunan yang nyata tentunya kita akan tertinggal dari Kabupaten lain,” imbuhnya.

Hal tersebut tentunya wajar mengingat beliau tidak sebentar berkecimpung menjadi birokrat di Balangan, dengan kata lain H Supiani ingin membawa Bumi Sanggam maju dan mengaplikasikan bekal pengalamannya menjadi Wakil Bupati pendamping H Abdul Hadi.

Advnativ