Banyak Event di Festival Pasar Terapung Lok Baintan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan Festival Pasar Terapung yang rencananya dilaksanakan di Dermaga Bawah Jembatan Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Minggu (2/12/2018) mendatang.

Perhelatan yang tahun ini dilaksanakan untuk kali ketiga ini mengangkat tradisi budaya masyarakat di daerah sungai yang bertajuk ‘Menggenggam Semangat Tradisi’. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan; tanglong jukung, jukung hias tradisional, lomba foto, atraksi formasi jukung dan penampilan seni budaya khas Kabupaten Banjar. Dipastikan ratusan, bahkan ribuan akan ikut festival di pasar terapung tradisional satu-satunya di Indoensia ini.

Sajian berbagai kuliner tradisional, buah-buahan dan sayuran yang merupakan hasil kebun sendiri, juga akan ditampilkan oleh ratusan peserta jukung hias tradisional siap memanjakan pengunjung untuk menikmati sembari merasakan pengalaman yang kental akan khazanah budaya yang sudah ada sejak abad ke – 18.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan, event ini bagian dari kegiatan promosi wisata yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata di Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya dan menjadikan pintu gerbang investasi pariwisata di Kabupaten Banjar pada khususnya. Selain itu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tingkat daerah maupun nasional.

Ditambahkannya, pada tahun sebelumnya kegiatan ini pernah saksikan oleh ribuan orang pengunjung. Ia berharap pada tahun 2018 ini, jumlah pengunjung akan melebihi dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu, pengunjung yang datang lumayan ramai, jumlahnya sekitar ribuan orang. Dari jumlah pengunjung yang datang itu, pastinya sangat memberikan efek ekonomi kepada masyarakat sekitar Pasar Terapung Lok Baintan. Mudah-mudahan tahun ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kepala Disbudpar, Haris Rifani, Senin (26/11/2018).

BACA JUGA :
Pansus PAL Domestik Gelar Rapat Perdana

Haris mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu memberikan dukungan pada perhelatan Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018, di antaranya Pemerintah Kabupaten Banjar, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Kementerian Pariwisata RI dan berbagai media yang turut membantu mempromosikan kegiatan ini. (to/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top