Kain Sasirangan Kini Bersertifikat Internasional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BANJARMASIN – Warga Kalimantan Selatan patut bangga. Kain tradisional motif sasirangan diakui dan mendapat penghargaan dunia internasional.

Kain yang dahulunya merupakan pakaian raja-raja Banjar ini dinyatakan sebagai salah satu kain terbaik pada Lomba Rebut Slempang, dalam pertadingan Pencak Silat yang dilaksanakan World Traditional Pencak Silat Federation-Federasi Pencak Silat Tradisional Internasional (WTPSF-FPSTI) tingkat nasional dan internasional.

Keputusan pemberian penghargaan yang ditandatangani Presiden Pencak Silat Tradisional Dunia, Rahmadsyah tersebut, selain untuk melestarikan Pencak Silat Tradisional sebagai arus utama Seni Bela Diri dan Kebudayaan Mulia, juga untuk memajukan pencak silat menjadi entitas yang tidak ada bidang tanpa keberadaan terpisah.

Plt Walikota Banjarmasin H Hermansyah yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Cabang Kota Banjarmasin menyatakan, sangat mengapresiasi penghargaan yang telah didapat tersebut, Selasa (01/12).

Menurut Hermansyah, dengan adanya penghargaan tersebut, membuktikan bahwa kain motif sasirangan mulai dikenal masyarakat. Tidak hanya pada skala daerah dan nasional, tetapi sudah mencapai tingkat masyarakat dunia.

“Kita sangat bangga. Dengan demikian, kain sasirangan semakin diakui dan dikenal dunia,” katanya bangga.

Hermansyah berharap, dengan adanya penghargaan tersebut dapat meningkatkan daya saing dan nilai jual kain tradisional tersebut.

Tidak hanya itu, Hermansyah juga berharap atlet APPSBI Kota Banjarmasin lebih semangat lagi berlatih, sehingga bisa kembali membawa harum nama Kota Seribu Sungai.

Selain mendapatkan sertifikat, para atlet silat budaya Kota Banjarmasin juga berhasil memborong dua piala hasil pertandingan kategori Juara Terbaik Festival Maen Boles (Bola Leungeun Seuneu Silat Maung Bodas) di Kota Sukabumi, pada tanggal 28 November 2020 lalu.(sin/klik)

BACA JUGA :
Balap Liar Berujung Perkelahian, Fadliansyah: Tanggung Jawab Semua Pihak
Scroll to Top