Pertahankan WTP, Pemkab Banjar Gelar Bimtek BMN

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
BIMTEK - Bimtek Penyusunan Laporan Barang Milik Negara (BMN) 2018 di Aula Barakat  Kantor Setda Banjar, Martapura, Kamis (20/12/2018). (foto: zai/klik)

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Barang Milik Negara (BMN) 2018 di Aula Barakat  Kantor Setda Banjar, Martapura, Kamis (20/12/2018).

Rohman Sunarya, Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Aset Provinsi (BPKP) Kalsel dihadirkan sebagai narasumber pada bimtek yang diikuti 110 peserta lingkup Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Banjar.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, H Nasrun Syah didampingi Kepala BPKAD, Ahmad Zuliyadaini, tujuan digelarnya bintek untuk mengevaluasi laporan penyusunan barang milik daerah dari saldo awal 2018, serta untuk percepatan penyusunan laporan ke uangan daerah 2018.

“Dengan adanya bimtek ini, kita berharap aset atau barang milik daerah dapat terkelola dengan baik sehingga kucuran dana insentif pun didapatkan. Jangan sampai tidak tercatat lagi,” ujar Nasrun Syah sebelum membuka bimtek.

Mengingat, papar Nasrun lebih jauh, selama ini kendala mengejar dan mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah kali kelima diraih, ada di bidang aset.

Menambahkan sekda, Ahmad Zulyadaini menyampaikan, laporan penyusunan barang milik daerah dan keuangan sebenarnya sudah berbasis aplikasi. Kendati penerapannya masih perlu penyesuain dengan sistem manual.

“Nanti ketika aplikasi sudah sesuai dengan yang manual, barulah di tahun yang akan datang pelaporan sepenughnya menggunakan sistem berbasis aplikasi yang telah diberikan BPKP,” pungkasnya. (adv/zai/klik)

BACA JUGA :
Penilaian Kelompok Ternak Sapi, Dondit Bekti: Harus Kreatif Mengembangkan Usaha

Berita Terbaru