Peringati HBP, Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura Gelar Razia Gabungan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Martapura gelar razia gabungan bersama Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Banja, Kamis (8/4/2021) sekitar pukul 20.00 Wita.

Gelaran razia gabungan yang melibatkan jajaran Polres Banjar, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kodim 1006 Martapura, tersebut langsung dipimpin Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Salis Farida Fitriani dengan melakukan penggeledahan dan pemeriksaan di Blok E Hunian Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura atau Blok Maksimum Security.

“Kegiatan razia malam ini sebagai upaya kami untuk melakukan deteksi dini atau pencegahan agar tidak terjadi gangguan keamanan, dan ketertiban yang mungkin saja bisa terjadi di Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura,” ujarnya kepada beberapa awak media.

Dikatakan Salis Farida, kegiatan razia gabungan ini pun merupakan salah satu program Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura untuk menjalin sinergitas dengan APH di Kabupaten Banjar.

“Kegiatan razia ini pun sebenarnya secara rutin dan insidental kita lakukan, yakni satu kali dalam sepekan. Pada Kegiatan penggeledahan dan pemeriksaan malam ini, kita lakukan di Blok E yang terdiri dari 16 kamar hunian warga binaan,” ucapnya.

Dari hasil razia gabungan terhadap warga binaan tersebut, papar Salis Farida, kebanyakan barang temuan yang disita untuk diamankan, yakni sejumlah barang-barang kosmetik, alat penjepit kuku, kaca, cermin, paku, silet, sedotan dan tali yang mungkin dapat menimbulkan gangguan kemanan, dan ketertiban di lapas.

“Tapi, dari hasil tes urine warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura yang dilakukan secara acak kepada 10 orang warga binaan hasilnya negatif semua. Bahkan, warga binaan juga negatif dari paparan wabah Corona Virus Disease (Covid-19),” ucapnya.

BACA JUGA :
Baca Burdah di Tengah Pademi, Bupati: Ini Ikhtiar Melalui Doa

Pada kesempatan tersebut pun, Kasat Binmas Polres Banjar, AKP Amalia Afifi menegasakan, dari hasil tes urine 10 orang warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIA yang dipilih secara acak tersebut dipastikan negatif narkoba.

“Mudah-mudahan kegiatan razia gabungan ini dapat makin mensinergikan hubungan aparat penegak hukum dengan Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura dalam rangka mencegah gangguan kemanan, dan ketertiban di dalam Lapas Perempuan. Terlebih, jajaran Polres Banjar pun selalu melakukan operasi yustisi keliling di Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura ini,” pungkasnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top