Ini Alasan Folder Antalangu Perlu Normalisasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ade Rozali, Kabid Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Kabupaten Banjar

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Folder Antalangu, satu dari folder ada di wilayah Kabupaten Banjar. Tahun ini folder yang berada di kawasan Kecamatan Martapura ini akan dinormalisasi.

Normalisasi dilakukan sebagai upaya meminimalisir dampak terjadinya banjir, utamanya di wilayah berdekatan dengan folder. Karena menurut Ader Rozali, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Folder Antalangu bagian penting mereduksi banjir selain tiga folder yang lain; Folder Liang, Folder Tambak Anyar, dan Folder Pesayangan.

“Folder Antalangu terhubung dengan Sungai Martapura. Kalau kegiatan normalisasi dapat dilakukan, minimal kita dapat mengurangi dampak banjir, seperti yang terjadi di ruas Jalan Tanjung Rema ketika diguyur hujan lebat,” ungkapnya.

Ditambahkan Ade, penataan dan normalisasi saluran drainase saja tidak akan cukup untuk penanggulangan banjir, utamanya di kawasan Tanjung Rema. Pasalnya air di saluran drainase tetap tidak akan mengalir lancar ke sungai. Dampaknya, banjir terjadi akibat luapan saluran drainase.

“Agar air tidak tergenang sampai ke badan jalan dan aliran air dari salurkan drainase dapat berjalan lancar, memang harus dilakukan normalisasi sungai di Folder Antalangu, dan Detail Engineering Design (DED) pun sudah ada. Seperti apa pun besarnya saluran drainase, kalau tempat pembuangannya dangkal sudah pasti sia-sia,” kata Ade. (to/klik)

BACA JUGA :
Disperindag Kabupaten Banjar Latih Penjahit Bikin Hazmat, Ini Hasilnya

Berita Terbaru

Scroll to Top