Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Jamaah Diimbau Jaga Kebersihan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Bekerjasama dengan beberapa instansi terkait, salah satunya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Kelurahan Sekumpul terus melakukan sejumlah pembenahan, penataan, dan perbaikan infrastruktur di kawasan yang nantinya menjadi pusat kegiatan puncak peringatan Haul ke-14 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

Menurut Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin, penataan dan pembenahan infrastruktur dilakukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan peringatan haul ulama yang kerab disapa Abah Guru Sekumpul pada 9-10 Maret 2019 mendatang di Komplek Ar Raudhah, Kelurahan Sekumpul. Karena diperkirakan, ribuan bahkan jutaan jamaah akan hadir dari berbagai pelosok daerah dan kota.

“Kami sudah lebih awal melaksanakan sejumlah kegiatan persiapan untuk menyambut peringatan haul, baik menata titik koordinat lahan yang nantinya dijadikan area parkir  dengan cara membuka lahan baru, serta melakukan perbaikan infrastruktur, salah satunya melakukan pembenahan darinase di kawasan Kelurahan Sekumpul bersama Dinas PUPR,” ujar Marhusin saat meninjau pembenahan drinase di kawasan Kelurahan Sekumpul, Selasa (15/1/2019).

Mengingat, papar Marhusin, utamnya saat hujan, jalan di kawasan Kelurahan Sekumpul selalu digenangi air, sebab drainase yang ada tidak berfungsi secara optimal karena tersumbat sampah. Dan berharap permasalahan tersebut pungkas ditahun mendatang.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat maupun para pemiliki usaha yang berada dekat drainase maupun yang melintas di kawasan Kelurahan Sekumpul agar tidak membuang sampah ke dalam drainase, yang menyebabkan terjadinya endapan sampah sehingga drainase pun tersumbat,” tegasnya.

Berkaca dari tahun sebelumnya ucap Marhusin, sebagai evaluasi pihaknya bersama Posko Induk Panitia Sekumpul, dalam mengatasi permasalahan sampah di kawasan sekumpul usai pelaksanaa haul, utamanya di kawasan Musholla Ar Raudhah, pihaknya akan membentuk tim khusus relawan kebersihan yang terdiri dari berbagai orginisasi diantaranya; para pencinta lingkungan,  pencinta alam, masyarakat, organisasi pelajar, mahasiswa dan unsur lainya.

BACA JUGA :
Fraksi-fraksi DPRD Banjarbaru Apresiasi Raperda Perubahan Pemberdayaan UMKM

“Karena ditahun sebelumnya kita dari pukul 02:00 membersihkan sampah di kawasan Mushalla Ar Raudhah itu baru selesai pukul 04:00 padahal tempatnya akan dipergunkan untuk shalat. Dan, akan kami bahas soal teknisinya pada, Sabtu 19 Januari mendatang di kantor Kelurahan Sekumpul,” ungkapnya.

Sampai saat ini, Marhusin mengatakan, sudah terdata sekitar 500 orang lebih relwan kebersihan dan berkemungkinan akan terus bertambah. Ia pun berharap kepada jama’ah yang berhadir agar berkenan menjaga kebersihan dengan membawa kantong plastik sebagai tempat sampahnya.

“Begitu selesai kegiatan, para jamaah bisa memasukan bekas makanan atau sampah ke dalam kantong plastik tersebut, tentunya ini sangat memudahkan tim relawan kebersihan untuk mengumpulkannya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top