Isolasi Komunikasi di Kecamatan Paramasan Teratasi, Dua BTS Dibangun di Dua Desa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Warga di Desa Paramasan Bawah dan Paramasan atas, Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan kini sudah bisa melakukan komunikasi telepon. Ini setelah pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di kedua desa tersebut rampung.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Farid Soufian menjelaskan, selain kedua desa tersebut pembangunan BTS juga dilakukan di Desa Rantau Balai Kecamatan Aranio serta Desa Kiram Kecamatan Karang Intan.

“Pembangunan BTS ini untuk mempermudah warga melakukan komunikasi. Kini mereka sudah bisa melakukan telepon serta mengirim SMS, ” jelasnya di Martapura, Minggu (3/2/2019).

Bahkan lanjut Farid, Bupati Banjar H Khalilurrahman beserta Sekretaris Daerah H Nasrunsyah, telah melakukan ujicoba telepon dengan Pembakal Paramasan atas dan seorang warga Desa Paramasan Bawah, saat coffee morning Senin lalu.

Menurutnya, komunikasi dengan pembakal paling terjauh dari Ibukota Kabupaten Banjar tersebut cukup lancar dan suaranya cukup jelas terdengar. “Alhamdulillah upaya kita untuk membuka isolasi komunikasi di Paramasan, sudah berhasil,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Cornelius Kristiyanto menambahkan, usulan pembangunan BTS ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat pada awal 2018 melalui program 5.000 BTS Badan Aksibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).
“Kita lakukan koordinasi dengan Diskominfo Kalsel serta anggota legislatif kita Saifullah Tamliha untuk menyampaikan proposal ke Kementerian Kominfo melalui BAKTI,” imbuhnya.

Pada Oktober hingga November dilakukan verifikasi oleh BAKTI dan PT Pola selaku pihak ketiga BAKTI. “Awal Desember lalu mobilisasi peralatan hingga akhir Desember keempat BTS berdiri dengan operator dari Indosat,” jelasnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Pelatihan DEA Bikin Pelaku UMKM Melek Digital

Berita Terbaru

Scroll to Top