Pembersihan Sampah Paska Haul Ke-14 Guru Sekumpul Diluar Prediksi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar berkoordinasi DLH Kota Banjarbaru, serta relawan kebersihan Haul ke-14 Muhammad Zaini bin Abdul Ghani tengah sibuk melakukan pembersihan dan pangangkutan sampah paska peringatan haul di pusat kegiatan Mushalla Ar Raudhah, Kelurahan Sekumpul pada, 9-10 Maret 2019 belum lama tadi.

Kepala Dinas LH Kabupaten Banjar, Boyke W Triestiyanto melalui Sekretaris DLH Banjar, Noormansyah mengatakan, pihaknya dari H-1 hingga H+2 usai kegiatan haul ulama kerab disapa Abah Guru Sekumpul masih melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah bekerjasama dengan DLH Kota Banjarbaru, serta relawan kebersihan Haul ke-14 Guru Sekumpul.

“Awalnya kita memprediksi aksi bersih-bersih dan pengakutan sampah ini selesai 4-5 hari. Tapi, dengan meningkatnya jumlah jamaah yang datang, berarti sampah paska kegiatan haul ini pun juga meningkat dari tahun lalu yang hanya sekitar 300 ton. Kemungkinan ditahun ini mencapai sekitar 400-500 ton sampah yang dihasilkan jamaah maupun rumah tangga,” ujarnya kepada klikkalimantan.com, Selasa (12/3/2019).

Untuk itu, papar Noorman didampingi Kepala Seksi (Kasi) Penanganan dan Pengangkutan Sampah, Herni Hastati, pihaknya menurunkan 30 unit mobil truk, 14 unit motor roda tiga, dan 6 unit mobil pick up sebagai armada angkut sampah, dibantu 30 unit armada angkut sampah dari komunitas Gabungan Sopir Anak Kalimantan (Gasak) serta DLH Kota Banjarbaru.

“Dari titik TPS sementara ini akan kita kirim ke TPA Regional Banjar Bakula. Disana nantinya akan ditimbang berapa ton sampah dari hasil kegiatan haul ke-14 tahun ini sebagai bahan evaluasi kita ditahun mendatang,” jelasnya.

Dan, Noorman pun mengakui, terbatasnya sarana dan prasarana menjadi kendala utama dalam reaksi cepat menangani sampah. “Serta, negitu pun fisik kita, karena kita bekerja 3 sip yakni, pagi, siang, dan malam,” akunya.

BACA JUGA :
Wabup Banjar di Peringatan Haul ke-19 Abuya Muhammad bin Alwi Al Maliki

Ditempat yang sama, ketika ditemui klikkalimantan.com di area TPS sementara Jalan Pendidikan depan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banjar, Kasi Kebersihan DLH Banjarbaru, Manruni menambahkan, guna mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan haul, DLH Kota Banjarbaru pun ikut serta berpartisipasi.

“Kami menyiapkan 4 unit armada angkut sampah, dan menurunkan 30 orang pasukan kuning, dan 12 orang relawan. Serta, juga telah mengadakan fasilitas toilet bergerak dengan volume 8 orang,” ucapnya.

Dan, dari data yang diproleh klikkalimantan.com, hasil sementara sampah yang ditimbang TPA Banjar Bakula hingga saat ini berjumlah 83.450 kg.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top