Peringatan Hari Thalasemia di RSD Idaman Banjarbaru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Peringatan Hari Thalasemia 2021 dipusatkan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru, Selasa (21/9/2021). Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel yang melaksanakannya bersama Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Persatuan Ahli teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) dan Jurusan Analis Kesehatan pada Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

Kegiatan dalam bingkai program kemitraan ini diikuti anak-anak penderita thalasemia di Kalsel. Mereka mendapatkan arahan terkait penerapan hidup sehat, diantaranya dengan rajin mencuci tangan dan memakai masker.

“Anak penyandang Thalasemia membutuhkan dukungan. Kasat mata, mereka anak-anak yang sehat. Tapi karena ada kelainan pada daerah, mereka membutuhkan dukungan dari kita smeua, termasuk dukungan dari pemerintah,” kata H Haitami M Sc, Ketua DPW Patelki Kalsel.

Menurutnya, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini mengimplementasikan dan membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sebuah program pemerintah yang terus digaungkan Dinkes Provinsi Kalsel.

Dikatakan dia, penyadang Thalasemia akan berobat seumur hidupnya untuk bis abertahan. Karena itu diperlukan dukungan moris terus menerus kepada mereka. “Melalui kegiatan ini diharapkan mereka tetap bersemangat berobat dan terus menerapkan pola hidup sehat,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Vivi Mar’I Zubedi dan Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, Endah Labati. (to/klik)

BACA JUGA :
20 Atlet PBVSI Banjarbaru akan Bertanding di Turnamen Kalpolda Cup

Berita Terbaru

Scroll to Top