Kader PKK Tiga Kecamatan Dilatih Bercocok Tanam Hidroponik

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Menggandeng Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), TP PKK Kabupaten Banjar melaksanakan pelatihan kadernya pada bidang tanaman pangan sehat memanfaatkan pekarangan rumah dengan pola hidroponik, Kamis (28/3/2019).

Bertempat di Mahligai Sultan Adam Martapura, pelatihan yang dibuka langsung Ketua TP PKK Kabupaten banjar, Hj Raudhatul Wardiyah ini diikuti 15 kader PKK tiga desa dari kecamatan; Kecamatan Martapura diwakili Desa Labuan Tabu, Kecamatan Martapura Timur diwakili Desa Tambak Anyar Ulu dan Desa Mandikapau Barat yang mewakili Kecamatan Karang Intan.

Tiga desa wakil tiap kecamatan merupakan Dasawisma Binaan PKK Kabupaten Banjar. Tiap Dasawisma diwakili tiga kader yang dipimpin Ketua TP PKK Kecamatan dan didampingi seorang Penyuluh Pertanian Lapangan.

Dalam sambutannya, Hj Raudhatul Wardiyah mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan salah satu program kerja, yakni Halaman Asri Teratur dan Nyaman (HATINYA).

“Diharapkan para kader peserta pelatihan dapat menerapkannya karena tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga yang sehat dan bebas pestisida.

Sementara Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjat H Muhammad Fachry menyampaikan, pelatihan yang dilaksanakan sebagai upaya peningkatan peneraoan teknologi pertanian moderen dengan pola hidroponik.

Dipaparkan Fachry, pola hidroponik umumnya dengan dua teknik; larutan statis dan larutan air. “Yang berikan pada pelatihan ini merupakan teknik larutan statis karena cocok untuk budidaya sayuran hidroponik skala rumah,” kata Fachry.

Termasuk jenis tanaman yang dapat diterapkan di pola hidroponik diantaranya; tomat, melon, paprika, selada, sawi, bayam, kangkung, juga jenis tanaman hias termasuk anggrek. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Jelang Haul, BPBD Banjar Distribusikan Tandon Air ke Posko dan Dapur Umum

Berita Terbaru

Scroll to Top