Sambut Ramadhan, Disbudpar Kembali Gelar Lomba Beduk

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
KLIKKALIMANTAN.COM
AKSI - Salah satu peserta lomba beduk menunjukkan aksinya di halaman Disbudpar

KLIKKALIMANTAN.COM – Lomba Bercatuk Dauh kembali dilaksnakan, agenda tahunan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)Kabupaten Banjar tersebut dimulai pada Minggu (28/04) pagi di halaman kantor dinas tersebut.

Lomba untuk melestartikan budaya tersebut dilaksanakan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan 1440 H.

Kepala Disbudpar Haris Rifani mengungkapkan kegiatan ini merupakan even tahunan yang dilaksanakan. Tahun ini, peserta yang ikut dalam lomba ini ada 30 grup dari beberapa kecamatan se-Kabupaten Banjar.

“Seperti biasa, lomba ini akan memperebutkan piala Bupati Bnjar H Khalilurrahman, selain itu pemenangnya juga akan mendapatkan uang pembunaan. Kami berharap lomba ini kian tahun kian meriah,” ujar Haris.

Sebelum masuk final, peserta akan melewati babak penyisihan terlebih dulu selama 2 hari. Hari pertana akan menampilkan 20 grup dan hari kedua 10 grup. Yang akan ikut di final nantinya hanya da 8 grup.

“Untuk penyisihan sengaja kita gelar sebelum masuk Ramadhan, karena kita tau kalau digelar pada ramadhan pesertanya pasti banyak yang puasa,” tambahnya.

Peserta yang mengikuti lomba ini ada anak-anak, remaja dan orang dewasa. Tiap-tiap grup diberi waktu 15 menit untuk tampil dan menunjukkanaksinya.

Untuk penilaian lanjut Haris, yang menjadi pokok penilaian panitia ada beberapa kriteria diantaranya suara, syair, tata cara pemukulan atau irama dan koreografi pemukulan bedug tersebut.

Final akan dilaksanakan pada malam lebaran, sekitar pukul 21.00 wita atau malam setelah ada putusan dari Kementerian Agama mengenai Hari Raya Idul Fitri. Lomba dilaksanakan di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura. (rul)

BACA JUGA :
Kunker, Rapat Bamus DPRD Batal Terlaksana

Berita Terbaru

Scroll to Top