Audiensi Bupati/Wali Kota ke Kemenparekraf, Haul Abah Guru Sekumpul Primadona Wisata Religi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, JAKARTA – Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Selatan menyambangi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI di Jakarta, Rabu (18/5/2022). Bupati Banjar H Saidi Mansyur ikut serta pada kegiatan diinisiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bertema besar ‘Audiensi Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Selatan’ tersebut.

Menyampaikan sambutannya di hadapan Menteri Sandiaga Uno, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, Kalimantan Selatan saat ini telah mengembangkan berbagai sarana pariwisata. Diantaranya kategori wisata religi, wisata tradisional, wisata geo park, hingga wisata yang berbasis petualangan ekstrim.

“Kalimantan Selatan bahkan telah menorehkan wisata religi berskala internasional pada kegiatan haul Abah Guru Sekumpul yang berada di Kabupaten Banjar,” kata Gubernur Sahbirin Noor.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengamini pernyataan disampaikan gubernur akrab disapa Paman Birin tersebut. “Seperti kita ketahui bersama, bahwa diantara berbagai kegiatan religi, yang terbesar dan terbanyak dihadiri jemaah haul Abah Guru Sekumpul. Jumlah yang hadir bahkan diperkirakan mencapai 5 juta jemaah yang memadati Kota Martapura,” ucapnya.

Karena itu, kata Bupati Saidi, menjadi asa besar melalui silaturahmi ini, bersama-sama Kemenparekraf RI melakukan pengembangan potensi wisata di Kalimantan Selatan. “Khususnya di Kabupaten Banjar,” imbuhnya.

Tentang itu, Menteri Sandiaga Uno tak menampiknya. Banyak hal unik dari pariwisata Kalimantan Selatan. Termasuk Haul Abah Guru Sekumpul di Kabupaten Banjar.

“Ulun melihat even seperti Haul Guru Sekumpul, jutaan orang datang. Semua berlomba untuk berbagi, seperti festival bersedekah terbesar. Tidak ada kekurangan makanan, semua berbagi,” kata Sandiaga Uno. (to/klik)

BACA JUGA :
Pelaku IKM di Kota Banjarbaru Terima Bantuan