Terus Sosialisasikan Deteksi Dini Kanker Serviks

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Ketua TP PKK Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani membuka Acara Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara 2019, Tingkat Kota Banjarbaru. Acara tersebut dilaksanakna Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru di Aula Gawi Sabarataan, Kota Banjarbaru.

Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Taufik Riyadi menyampaikan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Sosialisasi ini adalah untuk memperingati Hari Kanker se-dunia dan mensosialisasikan pentingnya Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks), Kanker Payudara pada semua organisasi organisasi wanita se Kota Banjarbaru.

Sehingga diharapkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat dan untuk menumbuhkan kesadaran untuk melakukan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara.

Ketua TP PKK Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan, kesehatan merupakan salah satu elemen penting yang akan mempengaruhi kualitas kehidupan seseorang.

“Dengan bekal pengetahuan yang cukup maka para wanita dapat menjaga kesehatan dirinya agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, dan pada saatnya dapat menjalani peran sebagai ibu yang mengandung dan membesarkan anak dengan baik dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Kesehatan ibu-ibu menjadi barometer kesehatan masyarakat. Sebab tingkat derajat kesehatan ibu akan sangat berdampak pada kesehatan keluarga, dan kesehatan masyarakat pada umumnya. Kanker leher rahim merupakan penyakit yang banyak menyerang kaum perempuan. Dan di Indonesia menempati urutan pertama dalam tumor ginekologis atau tumor kandungan.

Kanker leher rahim ini penyebabnya adalah virus human papiloma (hpv). Virus ini dianggap sebagai penyakit menular seksual yang ditularkan lewat hubungan seksual atau psm (penyakit menular seksual). Kanker leher rahim mempunyai dampak yang sangat kuat terhadap kesehatan reproduksi kaum wanita di negara berkembang.

Sedangkan tanda-tanda atau gejalanya tidak bisa dilihat dari luar, kecuali dengan melihat kedalam. Salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan dengan mudah yaitu pemeriksaan iva. Sama halnya dengan kanker serviks, kanker payudara juga merupakan salah satu jenis kanker yang banyak diderita oleh wanita di Indonesia. Kanker payudara juga merupakan jenis kanker dengan kasus terbanyak, serta penyebab kematian tertinggi di dunia.

BACA JUGA :
MI Ushuluddin Resmikan Gedung Baru, Wali Kota: Penyemangat Baru Cetak Insan Bertakwa

Memang menakutkan, tapi jika ciri-ciri kanker payudara stadium awal bisa dideteksi, bukan tidak mungkin penyakit ini dapat disembuhkan. Oleh sebab itu, penting bagi kita semua, kaum perempuan, untuk mengetahui ciri awal kanker payudara sedini mungkin. Sangatlah penting deteksi dini kanker payudara untuk menghindari penanganan kanker di stadium lanjut sehingga lebih mudah diobati. (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top