‘GITAKU MANIS’ akan Kunjungi Desa-desa, Kecamatan Sungai Tabuk dan Kertak Hanyar Perdana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – TP PKK Kabupaten menggelar rapat koordinasi (rakor) Gerakan Bina Masyarakat Desa Berkualitas dan Unggul (GITAKU), Rabu (8/6/2022) di Gedung Mahligai Sultan Adam, Martapura. Rakor dipimpin Ketua TP PKK, Hj Nurgita Tyas.

Hj Nurgita Tiyas mengatakan, GITAKU bukan program baru digagas, namun sudah dipersiapkan jauh hari sejak 2021. “Sekarang adalah tahapan mengintegrasikan kegiatan GITAKU dengan 10 Program Pokok PKK, dimana 10 program pokok itu sebenarnya masing-masing dinas terkait dengan Pokja 1 sampai Pokja 4 yang ada di TP PKK,” ucapnya.

Dipaparkan istri Bupati Banjar H Saidi Mansyur ini, Pokja 1 merupakan penguatan pengamalan Pancasila yang merupakan ketahanan keluarga. Pokja 2 bidang pendidikan dan keterampilan yang diharapkan dapat mengedukasi seluruh kalangan masyarakat dan usia. Pokja 3 dengan bidang Ketahanan Pangan dan Pertanian yaitu penguatan ekonomi keluarga dan Pokja 4 Kesehatan masyarakat dari semua lapisan usia.

Juga dijabarkan dia, kecamatan bertugas menyiapkan, mengakomodir, dan merekomendasi desa yang akan dibina. Termasuk menentukan skala prioritasnya. “Targetnya 227 desa. Kalaupun tidak minimal dalam satu kecamatan tidak hanya satu desa yang didatangi,” kata Hj Nugita Tyas.

Lebih lanjut menurutnya, pembinaan dilakukan tak hanya sekali. Pada 2022 akan dilakukan evaluasi kualitas masyarakat desa. Dan pada 2023 sudah ada solusinya.

Dari rakor yang digelar, kecamatan Sungai Tabuk menjadi yang pertama dikunjungi pada 14 Juni. Berikutya Kecamatan Kertak Hanyar pada 15 Juni mendatang. (to/klik)

BACA JUGA :
Tim Polres Temukan Barang Mencurigakan di Puing Pasar Thaibah yang Terbakar