Migrasi TV Digital, 1.000 STB Dibagikan untuk Rumah Tangga Miskin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru menyelanggarakan rapat koordinasi (rakor) membahas sinkronisasi data rumah tangga miskin calon penerima bantuan Set Top Box (STB), Selasa (28/6/2022) di Ruang Forbarcelona Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru.

Dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarbaru, H Said Abdullah, rakor dihadiri Kepala Dinas Kominfo, Asep Saputra dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Rokhyat Riyadi, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kusnadi, dan para camat.

Dikatakan Sekda Said Abdullah, tujuan dilaksaakan rakor untuk mengumpulkan data secara tepat sasaran dan terwujud akurasi data Rumah Tangga Miskin calon penerima Set Top Box (STB). “Bagi masyarakat miskin yang punya TV analog maka akan diberikan ini secara gratis supaya bisa menangkap saluran digital,” katanya.

Diperkirakan, ada sekitar 200 rumah tangga miskin di setiap kecmatan yang akan menerima bantuan pemerintah seiring program mgrasi dari siaran TV analog ke siaran digital. “InsyaAllah akan segera kita bagikan,” kata Sekda.

Menyambung Sekda, Kepala Dinas Kominfo, Asep Saputra mengatakan, di Banjarbru akan dibagikan STB kurang lebih 1.000 unit. “Mudahan-mudahan usulan ini bisa diterima di Kementerian Kominfo, dan akan dibagikan secepatnya pada Agustus – September 2022,” ungkapnya.

Lebih lanajut menurutnya, sesuai dengan kriteria yakni masyarakat miskin maka dari itu kami mengambil data langsung dari Dinas Sosial Kota Banjarbaru yaitu data PKH. “Apakah data-data tersebut, PKH yang bersangkutan sesuai dengan kriteria yaitu miskin dan mereka mempunyai TV analog, dan masuk dalam area siaran digital,” imbuhnya.

Seperti diketahui, sesuai Pasal 85 Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2021, penyedian dan distribusi STB ini berasal dari Pemerintah (APBN). Pendistribusian bantuan STB yang berasal dari LPS Penyelenggara Multipleksing dilaksanakan oleh masing-masing LPS. (to/klik)

BACA JUGA :
Ada Poli Klinik Konsultasi Pasien Covid-19, Ini Cara Daftarnya