Walikota: Cegah Stunting, Pemko Tak Bisa Kerja Sendiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
HARGANAS - Peringatan HARGANAS 2022 di lingkungan Pemko Banjarbaru mengsuung tema 'Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting’. (foto: kominfo/klik)

Klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunga Anak (DP2KBPMPA) menyelenggarakan Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-29 Tahun 2022, Rabu (29/6/2022) di Aula Bina Satria Banjarbaru.

Mengusung tema besar ‘Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting’, kegiatan diikuti Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin via daring dan dihadiri Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono, dan Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Vivi Mar’i Az Zubedi.

Menyampaikan sambutannya, Wali Kota Aditya mengatakan, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini. “Untuk mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting. Dan untuk meningkatkan peran stakeholder, tokoh masyarakat dan keluarga dalam pembangunan keluarga,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk meningkatkan kinerja pengelola dan petugas program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana dalam merealisasikan program. “Semoga dengan momentum pada hari ini kita semua untuk lebih peduli pada sekitar kita. Dan dapat memberikan manfaat lebih bagi para keluarga beresiko stunting,” kata Aditya.

Beberapa upaya nyata merealisasi itu, menurutnya, telah dilaksanakan sejumlah program di antaranya dengan Bimbingan Perkawinan (Bimwin). Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menyiapkan ketahanan keluarga yang sejahtera, serta salah satu kunci untuk mempercepat penurunan stunting di Indonesia khususnya di Kota Banjarbaru.

Namun untuk menyukseskan dan mengatasi stunting, Pemko Banjarbaru tidak bisa berperan sendiri. Namun harus dibantu seluruh masyarakat Kota Banjarbaru, serta merta peran penting seluruh kader TP PKK Kota Banjarbaru untuk mampu memotivasi kedisiplinan dan kesadaran masyarakat, agar selalu membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

Bersamaan kegiatan ini juga dilakukan pelantikan Forum GenRe Indonesia Cabang Kota Banjarbaru periode 2022-2024. Dan untuk diketahui, Puncak HARGANAS ke-29 tahun 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 7 Juli 2022, di Kota Medan, Sumatera Utara. (to/klik)

BACA JUGA :
Jambore PKK Untuk Tingkatkan Kinerja PKK