DPMPSPTTK Balangan Gandeng ITS Mandiri Bentuk Pusat Uji Kompetensi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Dinas Penanaman Modal Perijinan Satu Pintu Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPSPTTK) Kabupaten Balangan menggandeng Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) untuk kerja sama dalam Pembentukan Pusat Uji Kompetensi dan Penyelenggaraan Uji Sertifikasi Kompetensi.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan, Kamis (7/7/2022) di dinas setempat.
Kepala DPMPSPTTK Kabupaten Balangan, Albani mengungkapkan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka perwujudan salah satu visi misi Bupati/Wakil Bupati Balangan dalam mencetak tenaga kerja yang berstandar perusahaa atau industri. Juga mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Balangan.

“Oleh karena itu, kita perlu adanya upaya dalam menstandarisasi tenaga kerja Kabupaten Balangan, agar berstandar perusahaan/industri melalui sertifikasi kompetensi tenaga kerja,” kata Albani

Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, ujarnya, adalah dengan bekerja sama dengan perguruan tinggi lokal yaitu Institut Teknologi Sapta Mandiri untuk membentuk pusat uji kompetensi dan Penyelenggaraan Uji Sertifikasi Kompetensi pada instansinya.
S

emoga, kata Albani lebih lanjut lanjutnya, dengan adanya pusat uji kompetensi ini akan memberikan manfaat kepada calon tenaga kerja sebagai sarana sertifikasi angkatan tenaga kerja, sehingga bisa bersaing dan terserap di Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (Dudika).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Slametno menambahkan, Pusat Uji Kompetensi ini nantinya akan didukung oleh 23 Lembaga Sertifikasi.
“Dengan didukung oleh asesor 14 Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan 1 Asesor dari Badan Standariasasi Nasional (BSN),” ungkapnya.

Pada kesempatan sama, Rektor Institut Teknologi Sapta Mandiri yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarpas, Munisih memaparkan, Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) merupakan Perguruan Tinggi yang memiliki izin penyelenggaraan dari Kemendibud Ristek.

BACA JUGA :
Audiensi di Banjarbaru Selatan, Pemko Tampung Aspirasi Masyarakat untuk Banjarbaru Semakin Maju

“Potensi yang ada pada ITS Mandiri sangat mendukung dalam pembentukan Pusat Uji Kompetensi dan Penyelenggaraan Uji Sertifikasi Kompetensi. Kami atas nama ITS Mandiri mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi kami dalam rangka meningkatkan kualitas Tenaga Kerja di Kabupaten Balangan,” kata Munisih. (mah/gi/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top