Antisipasi Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok, Disperindag Gelar Pasar Murah Ramadhan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banjar menggelar Pasar Murah Ramadhan 1440 H di pelataran kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banjar, Jalan A Yani Km 37, Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (14/5/2019).

Tujuan kegiatan Pasar Murah Ramadhan yang saban tahunya digelar tersebut menurut Bupati Banjar H Khalilurrahman, tidak lain sebagai wujud perhatian Pemkab Banjar dalam membantu masyarakat mengantisipasi kelonjakan harga barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terkangkau, bukan sebagai saingan Pasar Tradisional di Kabupaten Banjar.

“Dengan begitu arus distribusi barang, khususnya bahan kebutuhan pokok dapat berjalan lancar, serta dapat meningkatkan dan menggugah rasa kebanggaan masyarakat menggunakan produk dalam negeri yang berdampak meningkatnya hubungan kemitraan antar distributor dan UMKM. Serta, sebagai tempat memperkenalkan produk pangan olahan industri rumah tangga dan industri kecil menengah,” ujar Bupati Banjar H Khalilurrahaman saat mengawali sambutan dikegiatan seremoni peresmian Pasar Murah Ramadhan 2019.

Untuk itu, Bupati Banjar yang kerab disapa Guru Khalil berharap, dengan adanya Pasar Murah Ramadhan tersebut dapat memberikan manfaat dalam membantu masyarakat, utamanya masyarakat yang berpenggasilan rendah dalam memenuhi kebutuhanya pada Ramadhan 2019 tahun ini.

“Saya berharap kepada msayarakat Kabupaten Banjar agar dapat mengendalikan konsumsi, dan bijak dalam berbelanja dengan membeli barang kebutuhan secukupnya. Karena esensi bulan Ramadhan tidak hanya menahan lapar, haus dahaga saja tetapi juga dapat menahan hawa nafsu,” jelas Guru Khalil yang megaskan masyarakat jangan sampai ada yang menimbun.

Hal serupa juga diungakpakan Kepala Disperindag Banjar Gusti Made Suryawati, Pasar Murah Ramadhan yang dilaksanakan selama 3 hari, 14-16 Mei 2019 tersebut memang bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelonjakan harga bahan kebutuhan pokok yang terjadi setiap tahunya pada bulan Ramadhan, utamanya pada Ramadhan 2019 tahun ini.

BACA JUGA :
Bupati Resmikan Puskesmas Sungai Tabuk 2

“Kami harap pasar murah ini dapat membantu masyarakat sekitar, utamanya masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok di bulan Ramadhan hingga Idul Fitri nanti,” ucap Made yang mengatakan Pasar Murah Ramadhan sediakan lebih dari 10 stand.

Bahkan, lanjut Made menambahkan, sebagai upaya Disperindag Banjar dalam mengantisipasi kelonjakan harga juga menggelar Pasar Murah Ramadhan di 20 kecamatan.

“Kita laksanakan secara paralel di 20 kecamatan hingga akhir bulan Ramadhan 1440 H yang difasilitasi masing-masing kecamatan,” jelas Made yang mengatakan kegiatan Pasar Murah Ramadhan juga menggandeng sejumlah instansi terkait, salah satunya PT Pertamina.(adv/zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top