Wabup Habib Idrus di Haul ke-58 Syekh Ahmad Zaini bin Abdurrahman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie menghadiri Haul ke-58 Syekh H Ahmad Zaini bin Abdurrahman ke 58 serta Haul ke-3 H Muhammad Arsyad bin Mursyid Senin (25/7/2022) malam, di Majelis Raudhatul Dzakirin Komplek Pondok Permata Sekumpul Martapura.

Dalam manaqib yang dibacakan oleh KH Muhammad Noval bin Muhammad Rosyad, KH Ahmad Zaini merupakan putera dari KH Abdurrahman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tuan Guru Adu Tunggul Irang.

Dilahirkan 17 Rabiul Awwal 1307 H, Syekh Ahmad Zaini belajar langsung ilmu agama dari ayahnya yaitu KH Abdurrahman yang merupakan ulama besar dari Kota Martapura.

“Beliau diangkat menjadi Mufti pada masa penjajahan Belanda dan zaman kemerdekaan. Pertimbangan menjadi Mufti tidak mudah, harus memiliki pengetahuan yang luas tentang islam serta faktor kepemimpinan dan wibawa ditengah masyarakat,” ujarnya.

KH Noval melanjutkan, disamping sebagai tokoh ulama, KH Ahmad Zaini juga aktif di bidang sosial kemasyarakatan dalam rangka melindungi umat Islam dari segala macam faham yang menyesatkan.

KH Ahmad Zaini berpulang ke Rahmatullah pada Jumat malam 25 Zulhijjah 1385 H. Dimakamkan di kampung halaman sendiri Tunggul Irang, berada dalam satu komplek dengan orang tuanya.
Istri beliau Hj Sanah mendapatkan 5 anak, 2 perempuan, 3 laki laki. “Diantaranya dikenal sebagai ulama terkemuka, yakni KH Badruddin, KH Husin Qodri dan KH Muhammad Rosyad,” pungkasnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Bunda PAUD: Landasan Keberhasilan Pendidikan Jejang Berikutnya