RSD Idaman Berikan Pelayanan Pendaftaran Mandiri dan Online

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, RSD Idaman telah menerapkan pelayanan kesehatan berbasis online dan teknologi. Dengan meluncurkan layanan pendaftaran online dan anjungan pendaftaran mandiri (APM) pada tanggal 16 Oktober 2018, saat memperingati hari ulang tahunnya, fasilitas ini diharapkan dapat membantu pasien mendapatkan pelayanan yang lebih cepat.

Kedua sistem ini memudahkan proses pendaftaran pasien sehingga dapat mengurai antrian panjang menjadi lebih singkat.

Layanan Pendaftaran Online dan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) diharapkan dapat membantu pasien mendapatkan pelayanan yang lebih cepat. Kedua Sistem tersebut memudahkan proses pendaftaran pasien sehingga dapat mengurai antrian panjang yang terjadi saat ini, karena jumlah kunjungan rawat jalan RSD Idaman Banjarbaru mencapai 300 – 450 pasien/ hari sehingga butuh waktu yang lama untuk mendapatkan nomor antrian.

Dengan Sistem pendaftaran online, pasien dapat mudah melakukan pendaftaran di rumah masing masing tanpa harus melalui loket pendaftaran yang ada di RSD Idaman Banjarbaru. Calon pasien cukup melakukan pendaftaran melalui website resmi di www.pendaftaran.rsidaman.banjarbarukota.go.id.

Pendaftaran online sementara hanya dapat dilakukan pasien yang sudah pernah berobat di RSD Idaman Banjarbaru dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya sudah terdaftar. Langkah pertama saat akan melakukan pendaftaran online, pasien dapat menghubungi customer service RSD Idaman Banjarbaru untuk Aktivasi, ini dapat dilakukan untuk pendaftaran pasien H-7 sampai dengan H-1 dari hari berobat.

Melalui pendaftaran online pasien bisa langsung memilih tanggal berobat dan poliklinik yang dituju. Setelah mendaftar secara online pasien akan mendapatkan bukti pendaftaran online dan nomor antrian poliklinik.

Bukti ini dibawa dan ditunjukan ke loket verifikasi pendaftaran online untuk penerbitan surat legibilitas pasien (SEP) sedangkan untuk pasien umum membawa bukti pendaftaran online langsung ke kasir untuk membayar administrasi. Selanjutnya pasien dapat langsung menuju ke poliklinik tujuan untuk menunggu pemeriksaan dokter.

BACA JUGA :
Najmi Kunjungi Tuan Guru Iwat

Dengan alat ini, pasien dapat mendaftar secara mandiri tanpa harus mengambil nomor antrian loket pendaftaran. Pasien dapat memilih tanggal berobat dan poliklinik yang dituju. Seperti halnya pendaftaran online, APM juga dapat mendaftarkan pasien untuk 7 hari kedepan.

Setelah mendaftar melalui APM, pasien akan mendapat bukti pendaftaran dan nomor antrian. Untuk pasien BPJS, kemudian membawa bukti tersebut ke loket verifikasi online untuk penerbitan SEP sedangkan untuk pasien umum membawa bukti pendaftaran ke kasir. Selanjutnya pasien dapat langsung menuju kepoliklinik untuk menunggu pemeriksaan dokter.

Mesin Anjungan Pendaftaran melayani pendaftaran pada pukul 08.00 wita sd 12.00 wita. Selama proses pengenalan APM, ada petugas yang mendampingi untuk pendaftaran melalui APM. Untuk pasien Baru yang belum memilki kartu berobat maka tetap diarahkan ke pendaftaran manual. (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top